Ketua DPR Minta Pemerintah Amati Lingkungan Soal Banjir di Sentani

Oleh: Haris Prabowo - 18 Maret 2019
Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo akan memanggil sejumlah kementerian untuk mencari solusi terkait banjri bandang dan meminta agar fokus lingkungan.
tirto.id - Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo mendesak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan berbagai pihak terkait untuk segera mengambil langkah cepat dan tepat guna membantu wilayah Sentani, Papua, agar segera pulih pascabanjir bandang.

"Yang kami terus-menerus suarakan dari senayan ini adalah pemerintah harus fokus kepada lingkungan, terutama kementerian terkait. Kami juga sudah mendorong Komisi IV untuk melakukan penelitan dan memanggil pihak terkait untuk dicarikan solusi," kata Bambang saat ditemui di kompeks DPR RI, Senin (18/3/2019).


"Kami juga mendesak BNPB untuk segera melakukan langkah penyelamatan dan pencegahan agar peristiwa tersebut tidak terjadi lagi di masa mendatang," lanjut dia.

Namun, kata dia, Bambang tak menjawab ketika ditanya soal langkah DPR RI akan memberikan bantuan secara khusus kepada wilayah bencana di Sentani, Papua. DPR dengan fungsi koordinasi, kata dia, hanya mendorong berbagai instansi untuk merealisasikannya.

"Ya kami mendorong para pihak. Kami di DPR melakukan konsolidasi agar yang menyangkut sarana dan prasarana umum bisa segera dipulihkan," ungkap dia.

Sebelumnya, jumlah korban banjir bandang yang menerjang Sentani, Papua terus bertambah. Tim SAR gabungan terus melakukan evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban.

Hingga Senin (18/3/2019) pukul 15.00 WIB, banjir bandang yang terjadi di Sentani, Jayapura, Papua pada Sabtu (16/3) pukul 21.30 waktu setempat telah menyebabkan 79 jiwa meninggal dunia dan 43 jiwa belum ditemukan.

Ke-72 jiwa korban meninggal teridentifikasi di Kabupaten Jayapura, sisanya berada di Kota Jayapura.


Baca juga artikel terkait BANJIR BANDANG atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Zakki Amali