Advertorial

Ketika Tabungan BRI Simpedes Menguatkan UMKM

Oleh: Advertorial - 16 Agustus 2021
Dibaca Normal 2 menit
Riset Nielsen terhadap Pesta Rakyat Simpedes Virtual 2020: ada pergeseran persepsi terhadap Tabungan BRI Simpedes.
tirto.id - Riset dan survei yang dilakukan Nielsen terhadap Pesta Rakyat Simpedes Virtual 2020 menemukan adanya pergeseran persepsi terhadap Tabungan BRI Simpedes.

Tabungan BRI Simpedes saat ini telah berkembang menjadi tabungan yang inovatif, memiliki teknologi canggih, dan tentu saja sudah mengalami digitalisasi. Malah bukan hanya digitalisasi, Tabungan BRI Simpedes juga dipercaya nasabahnya sebagai tabungan yang punya komitmen mendukung perkembangan UMKM.

“Beberapa bulan lalu, Tabungan BRI Simpedes memfasilitasi saya mengikuti program peningkatan UMKM di Tasik. Kala itu, salah satu materinya adalah cara-cara berjualan di marketplace,” ujar Nurul Sidqiya, 25 tahun, pedagang kerajinan asal Rajapolah, Tasikmalaya.

Selain pelatihan, sambung Nurul, fasilitas lain yang diberikan BRI Simpedes kepada nasabahnya adalah pinjaman modal usaha. “Kalau tidak salah, besaran pinjaman yang ditawarkan angkanya bisa sampai 500 juta rupiah,” pungkas Nurul.

Bukan tanpa alasan Tabungan BRI Simpedes meneguhkan komitmen mendukung pelaku UMKM. Dalam program UMKM BRInovasi #dariRumah yang digelar tahun lalu, Fita Arisanti, Division Head of Micro Business Development Division BRI, mengatakan bahwa jumlah UMKM di Indonesia mencapai 64 juta, menyerap hampir 90 persen tenaga kerja.

Fita menyampaikan, dalam situasi krisis sebagaimana yang terjadi pada tahun 1998 dan tahun 2008, UMKM memang terbukti bertahan. Tapi, situasi krisis terdahulu berbeda dengan situasi pandemi sekarang. “Dulu, yang banyak terdampak ada pada level korporasi, (penyebabnya) karena nilai tukar, misalnya. Jadi UMKM masih kuat. Nah, sekarang, dari level mikro hingga korporasi semuanya terdampak,” papar Fita.

Fita menerangkan, dari 64 juta UMKM di Indonesia, 63 juta di antaranya tergolong UMKM berskala mikro. Sebab itu, dengan memberi dukungan kepada UMKM, BRI Simpedes telah memberikan kontribusi nyata terhadap penguatan ekonomi Indonesia.

Infografik Advertorial BRI Simpedes
Infografik Advertorial UMKM Sukses dengan Tabungan BRI Simpedes. tirto.id/Mojo

Memberi Makna Kehidupan, Membuka Jalan Kemajuan


Tak lama setelah Badan Kesehatan Dunia menyatakan Covid-19 sebagai pandemi, kemudian pemerintah Indonesia menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai daerah, jutaan orang kena imbas. Salah satunya adalah Kasman Malik, pelaku budidaya ayam petelur di Palu, Sulawesi Tengah.

“Omzet penjualan turun drastis sampai 50 persen lebih. Situasi di kandang juga menjadi tidak kondusif. Karena adanya berbagai pembatasan, banyak pekerja yang akhirnya panik sehingga tidak datang bekerja. Distribusi pakan terganggu, produktivitas ayam menurun, harga telur juga anjlok di bawah batas wajar. Pandemi membuat kami tak bisa melakukan apa-apa,” beber Kasman.

Dalam situasi demikian, aku Kasman, bantuan dari BRI Palu sungguh sangat bermanfaat. “Inisiatif BRI Palu membuat situs pasarpalu.com sangat kami apresiasi. Situs itu sangat membantu penjualan produk kami dan membantu proses pemulihan omzet kami,” ungkap Kasman.

Kini, dengan tagline Simpedes Si Serba Bisa, Tabungan BRI Simpedes benar-benar bisa diandalkan oleh para nasabah. Sejumlah fitur yang ditawarkan tabungan tersebut antara lain adalah BISA buka rekening di mana saja; BISA transaksi di mana saja; BISA mengembangkan usaha; BISA bebas biaya administrasi; BISA dapat investasi dan asuransi; serta BISA dapat hadiah.

Pertanyaannya, mengapa mesti membuka Tabungan BRI Simpedes?

Sebagaimana disampaikan di muka, Tabungan BRI Simpedes merupakan tabungan yang mendukung pemberdayaan UMKM. Sebab itu, jika kamu tengah merintis usaha atau sudah menjalankan usaha dalam waktu cukup lama, membuka tabungan ini adalah pilihan yang tepat.

Didukung unit kerja yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia, Tabungan BRI Simpedes dapat diakses dengan mudah dan dapat mengakomodasi berbagai transaksi lewat jaringan mobile banking (BRImo).

Lewat BRImo (juga Agen BRILink), nasabah tak perlu lagi mendatangi bank. Selain itu, BRImo—satu aplikasi untuk berbagai kebutuhan—bisa juga digunakan untuk cek mutasi panjang, tarik tunai tanpa kartu ATM, isi pulsa, isi ulang saldo GoPay dan LinkAja, hingga bayar token listrik, dan lain sebagainya.

Dengan visi dan semua fitur di atas, kamu percaya, kan, bahwa Tabungan BRI Simpedes cocok untuk para pelaku UMKM?

Info lebih lengkap mengenai kontribusi Tabungan BRI Simpedes terhadap UMKM silakan kunjungi tautan ini.[]
DarkLight