Ketika Foxconn Dibantu Robot

Oleh: Rima Suliastini - 9 Juni 2016
Foxconn mulai mengaplikasikan tenaga robotik dalam proses produksi di pabrik mereka. CEO Foxconn Terry Gou mengatakan, tenaga robotik ini tetap tidak mampu menggantikan kemampuan manusia, karena manusia memiliki kemampuan berpikir. Sejauh ini, pekerja manusia di perusahaan tersebut lebih difokuskan pada riset dan pengembangan serta kontrol kualitas.
tirto.id - Produsen smartphone dan tablet populer di dunia, Foxconn mulai memberdayakan robot dalam proses produksi mereka.

Perusahaan yang memproduksi beberapa perangkat gadget populer seperti iPhone, iPad dan Sony Xperia ini menyatakan jika tugas robot hanya berkutat pada proses yang bersifat monoton dan mengandalkan fisik.

CEO Foxconn Terry Gou dalam rilisnya yang diterima pada Rabu (8/6/2016) menyatakan, jika peran manusia masih tetap dibutuhkan dan tak bisa tergantikan sampai kapanpun karena manusia memiliki kemampuan otak.

Dengan adanya bantuan robot, diharapkan pekerja manusia bisa lebih fokus ke bagian manufaktur lain seperti riset dan pengembangan (R&D) dan kontrol kualitas.

Dalam hal ini, Foxconn sudah berkomitmen untuk mensinergikan tenaga robot dengan kemampuan manusia dalam operasi manufaktur, sehingga mampu meningkatkan hasil dari sisi kualitas dan kuantitas.

Perusahaan yang berlokasi di Taiwan ini menerapkan standard kualitas dalam memproduksi setiap perangkat. Seperti ketika memproduksi smartphone InFocus, proses desain body-nya dibuat dengan keahlian yang presisi memakai logam dengan 8 CNC process.

"Semuanya dilakukan dengan ketelitian tingkat tinggi menggunakan teknologi mutakhir," jelas Gou.

Hal yang sama dilakukan pada produksi iPhone. Namun prosesnya lebih rumit lagi karena tiap komponennya didatangkan dari berbagai negara, kemudian disatukan dan dirakit di pabrik Foxconn sebelum diedarkan ke seluruh dunia.

Baca juga artikel terkait BISNIS atau tulisan menarik lainnya Rima Suliastini
(tirto.id - Bisnis)

Sumber: Antara
Penulis: Rima Suliastini
Editor: Abdul Aziz