Ketahui Perbedaan Android TV dan Smart TV dari Fitur hingga OS

Oleh: Salma Mahjatina Zahra - 4 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Perbedaan Smart TV dan Android TV yang paling mencolok ialah pada sistem operasinya, yaitu Linux dan Android.
tirto.id - Perkembangan teknologi yang pesat tak hanya berpengaruh pada gadget, tapi juga pada televisi. Belakangan ini, TV digunakan tidak hanya untuk sekadar menonton, tapi juga melakukan hal lain seperti browsing dan bermain games.

Salah satu hal yang menarik dari perkembangan televisi adalah munculnya Smart TV dan Android TV. Secara sekilas, persamaan antara Smart TV dan Android TV ialah banyaknya fitur canggih serta dapat membuat pengguna terkoneksi dengan akses internet.

Namun terdapat perbedaan di anatara keduanya. Dirangkum dari NewsBytes dan IPTV Insider, berikut ini perbedaan antara Smart TV dengan Android TV.

Smart TV

Perbedaan Smart TV dengan TV konvensional terletak pada penggunaan internet. Smart TV membutuhkan internet untuk bekerja, sedangkan TV konvensional tidak memerlukannya.

Dengan koneksi internet melalui WiFi atau kabel ethernet, pengguna dapat menonton streaming dengan aplikasi pihak ketiga seperti YouTube, Netflix, Amazon Prime, Disney+, dan HBO.

Selain itu, pengguna juga bisa bermain game secara online serta browsing dengan mudah melalui Smart TV.

Dibandingkan dengan Android TV, Smart TV mempunyai lebih sedikit aplikasi yang tersedia maupun yang dapat dipasang.

Smart TV biasanya menjalankan sistem operasi berbasis Linux seperti webOS, Tizen, dan HomeOS.

Smart TV cocok untuk pengguna yang tak akrab dengan Android, nyaman dengan interface yang simpel, serta pengguna yang mencari kemudahan dalam menggunakan TV karena hanya dibutuhkan satu remote untuk mengoperasikan.


Android TV

Jika smart TV menggunakan OS berbasis Linux, Android TV menggunakan sistem operasi Android. Hal ini memungkinkan lebih banyak aplikasi yang dapat diunduh dan digunakan pada Android TV lantaran tersedia di Google Play Store.

Dengan digunakannya Android yang open source, hal ini juga membuat harga penggunaan relatif lebih murah daripada penggunaan Smart TV.

Selain itu juga tersedia fitur Chromecast yang memungkinkan pengguna untuk dapat menampilkan konten dari smartphone ke layar Android TV.

Untuk berselancar di internet, Android TV lebih cepat daripada Smart TV karena TV ini dibekali dengan RAM dan prosesor yang membuat pengguna dapat melakukan multitasking dengan nyaman.

Pengguna pun dapat memutakhirkan sistem operasi ke versi yang terbaru yang memungkinkan peningkatan kinerja OS sekaligus menerima fitur-fitur termutakhir.


Baca juga artikel terkait TELEVISI atau tulisan menarik lainnya Salma Mahjatina Zahra
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Salma Mahjatina Zahra
Penulis: Salma Mahjatina Zahra
Editor: Ibnu Azis
DarkLight