Ketahui Manfaat Hubungan Jarak Jauh atau LDR dengan Pasangan

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 7 April 2020
Dibaca Normal 2 menit
Menjalani hubungan jarak jauh atrau LDR tak selama buruk, berikut ini adalah beberapa manfaatnya bagi Anda dan pasangan.
tirto.id - Hubungan jarak jauh atau Long Distance Relationship (LDR) mungkin kerap dihindari oleh sebagian orang.

Hal ini disebabkan oleh begitu banyaknya aspek negatif yang terkait dengan hubungan jarak jauh termasuk perselingkuhan, kebohongan, dan sebagainya.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Cornell University dalam Huffington Post, antara seperempat dan setengah dari mahasiswa saat ini berada dalam hubungan jarak jauh.

Ada berbagai alasan mengapa pasangan terjebak dalam hubungan jarak jauh, seperti pendidikan di luar negeri, pekerjaan, dan sebagainya. Sementara itu, tidak sedikit pula yang tidak mampu menjalaninya dan memilih untuk mengakhiri hubungan.

Di sisi lain, sebuah studi dalam Journal of Communication menunjukkan bahwa menjalani hubungan jarak jauh memungkinkan pasangan dapat memiliki interaksi yang lebih bermakna dari pada pasangan yang saling bertemu setiap hari.

Memang, tidak semua orang mengalami hal buruk ketika berada jauh dari pasangannya. Tentu saja, juga ada manfaat di balik perjuangan menjalani hubungan jarak jauh tersebut sebagaimana ditulis Psychalive berikut:

1. Kesempatan untuk mengembangkan diri

Jarak yang ada di antara pasangan akan memaksa adanya individualitas. Bagi banyak pasangan, berada di sekitar satu sama lain setiap hari mengarah pada sinkronisasi kepribadian dan perilaku.

Mereka melakukan semuanya bersama-sama, mereka menyelesaikan kalimat satu sama lain, dan mereka bertindak sangat mirip sehingga sulit untuk membedakan satu kepribadian dari yang lain.

Meski pada awalnya biasa saja dan menyenangkan, sayangnya juga terdapat kelemahan yakni sedikitnya ruang untuk pertumbuhan. Sementara itu, setiap individu juga ditentukan oleh pasangannya.

Dalam hubungan jarak jauh, Anda punya waktu untuk menemukan jati diri, memiliki waktu untuk memikirkan nilai-nilai Anda sendiri, tujuan, serta kepribadian Anda.

2. Memperkuat Ikatan Emosional

Ada banyak hubungan jarak jauh yang terputus karena kurangnya kontak fisik. Hal ini bisa jadi buruk karena itu menunjukkan fakta bahwa seks sering dianggap sebagai perekat yang menyatukan hubungan.

Sementara itu, hal hebat tentang hubungan jarak jauh adalah justru hubungan tersebut membantu memperkuat ikatan yang melampaui hubungan fisik antara Anda dan pasangan.

Pasalnya, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk saling berbicara tentang diri Anda dan tentang satu sama lain.

Hubungan jarak jauh menumbuhkan komunikasi dan membangun kepercayaan. Kedua fitur ini merupakan keharusan bagi hubungan apa pun, dan memungkinkan hubungan berjalan dengan lancar.

Berada dalam hubungan jarak jauh dapat membantu memperkuat aspek-aspek ini, karena lebih banyak waktu dan usaha dihabiskan untuk hal tersebut.

3. Lebih menghargai momen yang dihabiskan bersama

Ketika Anda berada di dekat seseorang secara terus-menerus, mudah untuk menganggapnya sebagai hal biasa.

Sangat mudah bagi pasangan untuk begitu larut dalam kehidupan sehari-hari dan jadwal mereka sehingga mereka lupa untuk saling menghargai.

Pertengkaran dan berbagai permasalahan mungkin kerap muncul sehingga dapat menyebabkan putus.

Reaksi semacam itu dapat meningkat pada saat-saat stres, seperti setelah mengalami hari yang buruk di tempat kerja.

Tentu saja, hari-hari seperti ini adalah hal yang normal bagi siapa pun, tetapi dapat merugikan hubungan terutama jika itu terjadi secara sering.

Terkadang, memiliki me time atau dengan sengaja menjauh dari orang yang Anda cintai bisa baik untuk Anda.

Jarak mengajarkan Anda dan pasangan untuk menilai hubungan, serta penghargaan yang lebih besar untuk waktu yang Anda berdua habiskan bersama nantinya.

4. Tes perasaan cinta

Kadang kala, pasangan yang menghabiskan waktu paling banyak dengan satu sama lain memiliki cinta yang lebih besar, tetapi ini tidak selalu benar.

Ada pasangan yang dekat dan menghabiskan seluruh waktu mereka bersama-sama, tetapi begitu sesuatu memisahkan mereka mereka putus karena mereka tidak dapat menangani jarak.

Hubungan jarak jauh dapat benar-benar menguji dan menantang cinta Anda dan pasangan untuk satu sama lain.

Bersedia untuk menghabiskan waktu dalam hubungan jarak jauh akan luar biasa hingga pada akhirnya, itu bisa membawa banyak kebahagiaan ketika Anda dan pasangan dipersatukan kembali.


Baca juga artikel terkait MANFAAT MENJALANI LDR atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight