Menuju konten utama

Ketahui Cara & Prosedur Refund Hotel di Traveloka hingga Tiket.com

Pastikan akomodasi yang ingin dibatalkan bersifat refundable, karena terdapat beberapa akomodasi yang tidak refundable.

Ketahui Cara & Prosedur Refund Hotel di Traveloka hingga Tiket.com
Seorang petugas kebersihan hotel dengan menggunakan face shield membersihkan kamar di Hotel Kawasan Jl. TB Simatupang, Jakarta, Kamis (10/6/2020). tirto.id/Andrey Gromico

tirto.id - Sistem pemesanan online berkembang pesat baik dari segi aplikasi maupun fungsinya. Setiap tahunnya, pangsa pasar pemesanan hotel dan tiket perjalanan online mencapai 63 persen dari 1,2 triliun dollar AS yang dihasilkan oleh industri perjalanan.

Sebut saja layanan pemesanan hotel seperti Traveloka, Tiket.com, dan PegiPegi, marak digunakan di Indonesia sejak beberapa tahun terakhir. Ketiga aplikasi tersebut, menawarkan sejumlah kemudahan bagi para penggunanya, termasuk layanan pembatalan dan refund. Dalam kondisi tertentu, pengguna ketiga layanan pemesanan hotel tersebut dapat mengajukan pembatalan dan pengembalian dana dari hotel yang sudah dipesan.

Proses pembatalan dapat dilakukan langsung dengan aplikasi dan membutuhkan waktu beberapa hari untuk proses pengembalian dana. Berikut ini adalah cara mengajukan refund melalui Traveloka, Tiket.com, dan PegiPegi.

Traveloka

Pembatalan dan pengajuan refund hotel di Traveloka dapat dilakukan melalui website ataupun aplikasi Traveloka, dengan langkah-langkah berikut:

  1. Buka website atau aplikasi Traveloka
  2. Login ke akun Traveloka
  3. Pilih menu "Pesanan" lalu pada kolom "Atur Pesanan" klik "Refund"
  4. Masukkan kata sandi untuk melanjutkan
  5. Setelah membaca "Syarat & Ketentuan Refund" centang kotak untuk menyetujui, lalu klik "Langkah Selanjutnya"
  6. Pilih kamar yang akan di batalkan, Klik "Lanjutkan"
  7. Upload dokumen pendukung, klik "Ajukan Refund"
Pembatalan dan pengajuan refund dapat ditinjau melalui "Refund Saya" di menu "Akun Saya." Proses refund memakan waktu yang berbeda di tiap negara, yakni sekitar 14 hari kerja untuk pemesanan hotel di Indonesia dan 30 hari kerja untuk pemesanan hotel di luar negeri.

Tiket.com

Pembatalan dan pengajuan refund pemesanan hotel di Tiket.com dapat dilakukan melalui aplikasi Tiket.com, dengan cara:

  1. Buka aplikasi Tiket.com
  2. Buka "My Order" lalu tap ikon "Hotel"
  3. Pilih pemesanan hotel yang ingin dibatalkan
  4. Klik tombol refund
  5. Pilih alasan refund, klik "Lanjutkan"
  6. Baca "Syarat & Ketentuan" lalu centang kotak dan klik "Lanjutkan"
  7. Tinjau kembali pemesanan yang ingin dibatalkan lalu klik "Lanjutkan"
  8. Masukkan 4 digit kode OTP yang dikirimkan melalui email atau nomor telepon yang terdaftar pada aplikasi
  9. Status pemesanan akan berubah menjadi "Memproses Refund"
Proses pembatalan dan pengajuan refund dapat ditinjau melalui menu "My Order." Jumlah dana Refund yang diterima akan berbeda tergantung dari kebijakan masing-masing hotel.

Dana refund akan dikembalikan sesuai dengan alat pembayaran yang digunakan untuk memesan (kartu kredit, TIX Point, Kredivo atau Akulaku). Proses refund akan dilaksanakan selambatnya 14 hari kerja setelah pengajuan refund.

PegiPegi

Pembatalan dan pengajuan refund pemesanan hotel di PegiPegi dapat menggunakan dua cara, yakni aplikasi dan Google Form. Layanan Google Form diberlakukan sejak awal 2020 untuk pemesanan yang batal akibat pandemi Covid-19.

Untuk refund melalui aplikasi PegiPegi, langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi PegiPegi, lalu login
  2. Pada menu "Pesanan" klik Refund
  3. Isi formulir pengajuan refund
Untuk refund melalui Google Form, langkah-langkahnya:

  1. Buka link Google Form yang tercantum dalam laman PegiPegi
  2. Masukkan data diri dan data pemesanan yang tercantum dalam formulir
  3. Periksa kembali formulir, lalu Klik Berikutnya
  4. Baca "Kebijakan Pembatalan" jika setuju, pilih Ya. Llau, klik berikutnya
Pembatalan dan pengajuan refund akan dikenai biaya administrasi sebesar Rp15.000. Pastikan akomodasi yang ingin dibatalkan bersifat refundable, karena terdapat beberapa akomodasi di PegiPegi yang tidak refundable. Pengajuan pembatalan dan refund sebaiknya dilakukan 7 hari sebelum tanggal menginap.

Baca juga artikel terkait REFUND TRAVELOKA atau tulisan lainnya dari Yonada Nancy

tirto.id - Sosial budaya
Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Nur Hidayah Perwitasari