Menuju konten utama

Ketahui Arti Metaverse yang Jadi Tren di Google dan Cara Kerjanya

Metaverse adalah masa depan internet yang ada kaitannya dengan video game.

Ketahui Arti Metaverse yang Jadi Tren di Google dan Cara Kerjanya
Terlihat di layar sebuah perangkat di Sausalito, California, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan nama baru mereka, Meta, dalam sebuah acara virtual pada Kamis, 28 Oktober 2021. Zuckerberg membicarakan hasrat terbarunya -- menciptakan realitas virtual " metaverse" untuk bisnis, hiburan, dan interaksi sosial yang bermakna. (AP Photo/Eric Risberg)

tirto.id - Metaverse sempat menjadi trending di google belum lama ini.

Konsep metaverse sendiri diperkenalkan oleh Neal Stephenson pada 1992 dan makin populer sejak CEO Facebook Mark Zuckerberg membicarakannya, di mana kini Zuckerberg telah mengubah Facebook menjadi meta.

Metaverse adalah masa depan internet yang ada kaitannya dengan video game.

Dikutip dari Wired, sampai batas tertentu, berbicara tentang apa yang dimaksud dengan metaverse adalah seperti berdiskusi tentang apa yang dimaksud dengan "internet" pada tahun 1970-an.

Pada masa tersebut, bentuk komunikasi baru sedang dalam proses dibangun, tetapi tidak ada yang benar-benar tahu seperti apa bentuknya.

Jadi meskipun benar pada saat itu bahwa "internet" akan datang, namun tidak semua gagasan yang disebutkan tentang internet dapat diterima.

Di sisi lain, ada juga banyak model pemasaran yang terbungkus dalam ide metaverse ini.

Facebook, khususnya, berada di tempat yang sangat rentan setelah langkah Apple untuk membatasi pelacakan iklan bikin menghantam perusahaan.

Untuk membantu Anda memahami betapa kabur dan kompleksnya istilah metaverse, ada cara berlatih yang bisa dicoba. Berikut ini penjelasannya.

Ganti secara mental frasa metaverse dalam sebuah kalimat dengan cyberspace. Sembilan puluh persen dari waktu, artinya tidak akan berubah secara substansial.

Itu karena istilah tersebut tidak benar-benar mengacu pada satu jenis teknologi tertentu, melainkan pergeseran luas dalam cara kita berinteraksi dengan teknologi.

Dan sangat mungkin bahwa istilah itu sendiri pada akhirnya akan menjadi sama kunonya, bahkan ketika teknologi spesifik yang pernah dijelaskan menjadi biasa.

Secara garis besar, teknologi yang membentuk metaverse dapat mencakup virtual reality (VR) ditandai dengan dunia virtual persisten yang berkelanjutan, bahkan saat Anda tidak bermain game serta augmented reality (AR) yang menggabungkan aspek dunia digital dan fisik.

Namun, itu tidak mengharuskan ruang tersebut diakses secara eksklusif melalui VR atau AR.

Dunia virtual, seperti aspek Fortnite yang dapat diakses melalui PC, konsol game, dan bahkan ponsel, dapat bersifat metaversal.

Ini juga diterjemahkan menjadi ekonomi digital, di mana pengguna dapat membuat, membeli, dan menjual barang.

Dan, dalam visi metaverse yang lebih idealis, ini dapat dioperasikan, memungkinkan Anda untuk membawa barang-barang virtual seperti pakaian atau mobil dari satu platform ke platform lainnya.

Di dunia nyata, Anda bisa membeli kemeja dari mal dan kemudian memakainya ke bioskop.

Saat ini, sebagian besar platform memiliki identitas virtual, avatar, dan inventaris yang terikat hanya pada satu platform, tetapi metaverse memungkinkan Anda membuat persona yang dapat dibawa ke mana-mana semudah menyalin gambar profil dari satu jejaring sosial ke lain.

Sulit untuk menguraikan apa artinya semua ini karena ketika mendengar deskripsi seperti di atas, respons yang dapat dipahami adalah, "Tunggu, bukankah itu sudah ada?"

World of Warcraft, misalnya, adalah dunia virtual yang gigih di mana pemain dapat membeli dan menjual barang.

Fortnite memiliki pengalaman virtual seperti konser dan pameran di mana Rick Sanchez dapat belajar tentang MLK Jr.

Anda dapat memasang headset Oculus dan berada di rumah virtual pribadi sendiri. Lalu apakah itu benar-benar yang dimaksud dengan metaverse?

Menyebutkan Fortnite adalah metaverse akan sedikit mirip dengan mengatakan Google adalah internet.

Bahkan jika Anda dapat, secara teoritis, menghabiskan banyak waktu di Fortnite, bersosialisasi, membeli barang, belajar, dan bermain game, tidak berarti bahwa itu mencakup seluruh ruang lingkup metaverse.

Di sisi lain, ini sama akuratnya dengan mengatakan bahwa Google membangun bagian dari internet dari pusat data fisik hingga lapisan keamanannya.

Dan ini juga sama dengan menyebutkan, pencipta Fortnite, Epic Games, sedang membangun bagian dari metaverse.

Perusahaan teknologi raksasa Microsoft dan yang terbaru Facebook yang berubah menjadi meta juga tengah melakukan beberapa dari pekerjaan itu untuk mencerminkan cara kerja metaverse.

Contoh lainnya yang bisa dilihat adalah tampilan hologram yang menyerupai seseorang, seperti ditampilkan dalam film Avengers.

Hologram tampak melakukan kontak mata dengan temannya yang secara fisik ada di sana, mereka berdua bisa mendengar konser, dan mereka bisa melihat teks mengambang melayang di atas panggung.

Jadi, dengan metaverse, ada beberapa blok bangunan baru, seperti kemampuan untuk menampung ratusan orang dalam satu instance server.

Iidealnya versi metaverse yang akan datang akan dapat menangani ribuan bahkan jutaan orang sekaligus, atau alat pelacak gerak yang dapat membedakan di mana seseorang melihat atau di mana tangannya berada.

Teknologi baru yang disebut metaverse ini bisa jadi akan sangat menarik dan terasa futuristik.

Baca juga artikel terkait METAVERSE atau tulisan lainnya dari Dhita Koesno

tirto.id - Teknologi
Penulis: Dhita Koesno
Editor: Yantina Debora