Ketahui 5 Alasan Mengapa Pasangan Tak Mau Berhubungan Seks

Oleh: Yuda Prinada - 6 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini beberapa alasan mengapa pasangan menolak untuk berhubungan seksual.
tirto.id - Seks, hubungan intim yang dilakukan oleh dua orang serta merupakan pasangan ini adalah sebuah cara melampiaskan rasa cinta yang bisa mempererat hubungan. Namun, sesekali pasangan juga tidak ingin berhubungan seks. Lantas, apa alasan yang membuat pasangan tidak mau berhubungan seks?

Di Indonesia, berhubungan seks baru dapat dilakukan ketika dua orang yang menjalin cinta telah menikah.

Dari hubungan ini, terdapat beberapa manfaat yang bisa dihasilkan, mulai dari memperbaiki kondisi fisik, emosional, serta sosial pasangan.

Berdasarkan catatan WebMD, seorang profesor penelitian Universitas Rutgers, Helen Fisher, mengungkapkan, seks bisa menciptakan romansa serta rasa keterikatan di antara pasangan. Namun, tentu terdapat syarat untuk bisa mendapatkan hal tersebut, misalnya seks yang dilakukan teratur.

Keteraturan inilah yang membuat berhubungan seks menjadi salah satu prioritas keseharian pasangan. Akan tetapi, terdapat kasus pasangan yang tidak menerapkan konsistensi dalam hubungan tersebut.

Dalam situs TIME, terdapat cerita seorang Matt, seorang analis data dari Texas, yang jarang bertemu istrinya ketika masih berpacaran. Setiap kali mereka bertemu, pasti berhubungan seks merupakan tujuan utamanya.

Namun, ketika mereka sudah menikah, banyak hal berubah. Hubungan yang biasa dilakukannya menjadi tidak konsisten.

Kasusnya dalam satu minggu mereka melakukan seks, namun bisa saja sebulan berikut tidak mengerjakannya sama sekali. Akhirnya, hal ini merusak hubungan mereka.

Dari cerita ini terlihat jelas bagaimana ketidakkonsistenan pasangan dalam berhubungan dapat membuat rasa keterikatan yang sebelumnya sangat dibutuhkan hilang fungsinya.

Tentu, terdapat beberapa alasan lain yang menyebabkan pasangan tidak mau berhubungan seks. Berikut beberapa alasannya:

1. Pasangan Terlalu Lelah

Tentu, setelah menikah seseorang harus bekerja mencari uang, lalu pulang dengan rasa lelah yang menyelimuti badan. Saat itu, yang ada di pikiran pasangan hanyalah istirahat.

Bahkan, seorang psikolog Philadelphia, Philip A. Rutter, mengungkapkan dalam kutipan Everydayhealth, pasangan Anda sangat lelah, baik itu fisik maupun mentalnya.

Hal ini menyebabkan pikiran tentang berhubungan seks sama sekali tidak ada di kepalanya.

2. Estrogen dan Libido Pasangan Rendah

Kasus ini terjadi pada wanita, di mana semakin tua dirinya akan kehilangan sedikit jaringan vagina yang menyebabkan penetrasi terasa sakit.

Imbasnya, gairah seks menurun bahkan bisa mati. Solusi permasalahan ini, datang ke dokter atau lakukan terapi hormon.

3. Muak dengan Rutinitas Seks Biasa

Kebiasaan melakukan seks dengan gaya yang biasa dan monoton dapat menyebabkan pasangan bosan, bahkan muak.

Untuk mengatasi hal ini terjadi, seseorang dapat mengganti-ganti posisi ketika berhubungan seks untuk menciptakan variasi yang tidak monoton.

4. Adanya Pemuas Seks Lain

Menurut Psychology Today, pemuas lain ini bukan diartikan sebagai selingkuhan sebenarnya. Namun, peningkatan potensi pasangan Anda tidak mau berhubungan dapat dikaitkan juga dengan konten video porno yang tersebar .

Dengannya, seorang pasangan tentu mendapatkan pengalaman seksual tanpa lawan yang seharusnya sehingga gairah terhadap pasangan akhirnya menurun.

5. Konsumsi Obat yang Salah

Masalah ini juga diungkapkan oleh Everydayhealth, ternyata, sejumlah obat dapat menurunkan gairah seks. Contoh obat tersebut seperti obat mulas, darah tinggi, dan depresi.

Dua orang dalam pasangan harus saling mengerti satu sama lain. Jika obat merupakan alasan pasangan tidak ingin berhubungan seks, maka harus konsultasi ke dokter mencari alternatif obat lain.


Baca juga artikel terkait HUBUNGAN SEKSUAL atau tulisan menarik lainnya Yuda Prinada
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight