Ketahui 4 Cara Menghindari Bau Apek Pada Baju Saat Musim Hujan

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 24 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Menjemur pakaian di dalam rumah akibat hujan juga dapat menjadikan pakaian tidak kering secara menyeluruh dan pakaian jadi berbau apek.
tirto.id - Urusan cuci-mencuci baju bisa berubah mengesalkan saat memasuki musim hujan. Jak jarang, musim hujan juga dapat membuat pakaian tidak kunjung kering.

Sementara itu, menjemur pakaian di dalam rumah akibat hujan juga dapat menjadikan pakaian tidak kering secara menyeluruh dan pakaian jadi berbau apek.

Saat pakaian belum kering secara menyeluh, Laundrapp menyarankan Anda untuk memanaskannya dengan setrika.

Dengan menyetrika pakaian yang sedikit basah tersebut, pakaian jadi cepat kering dan dapat segera dikenakan.

Hal ini juga jadi cara yang dapat menghindarkan pakaian dari bau apek. Namun, bila pakaian telah terlanjur berbau apek, Anda dapat menyemprotkan pewangi dan pelembut pakaian sebelum menyetrikannya untuk menghilangkan bau tak sedap tersebut.

Di sisi lain, ada beberapa cara pula yang dapat dilakukan untuk meminimalisir baju yang tak kunjung kering dan berbau apek. Berikut di antaranya melansir dari Good House Keeping:

1. Kurangi kecepatan putaran mesin cuci

Mencuci dengan kecepatan maksimal memang dapat mempersingkat waktu pengeringan.

Namun, hal ini dapat menambah beban mesin pengering karena Anda harus membuang air sebanyak mungkin untuk mengurangi waktu pengeringan.

Oleh karenanya, kurangi kecepatan putaran mesin cuci untuk menghentikan beban tersebut.

Pakaian pun dapat lebih lama berada di tabung pengering sehingga meminimalisir pakaian akan menjadi apek saat tidak kering menyeluruh.

2. Kurangi beban

Jangan mengisi mesin cuci terlalu banyak. Jika Anda memasukkan pakaian terlalu banyak ke dalam mesin cuci, Anda dapat membuat pakaian lebih lembab yang membuat waktu pengeringan menjadi lebih lama.

Hal ini pun akan menyebabkan pakaian lebih banyak memiliki lipatan sehingga menyebabkan Anda untuk lebih banyak menyetrika.

3. Bentangkan pakaian dengan rapi saat menjemur

Mencuci pakaian dan menggantungnya dengan rapi terbentang saat dijemur akan mengurangi waktu pengeringan, risiko bau apek yang menyengat dan beban tumpukan setrika.

4. Jeda penggunaan pengering

Jika Anda memiliki mesin pengering, sebaiknya berhati-hati saat menggunakannya. Jangan membebani mesin pengering terlalu banyak, sebab akan menyebabkan mesin pengering bekerja tidak efektif dan dapat memberi tekanan pada motor.

Selain itu, pastikan pula ruangan tempat mesin pengering hangat dan kering. Jika ia berada di ruangan yang dingin, mesin pengering harus lebih keras bekerja akibat menghisap udara di sekitarnya.


Baca juga artikel terkait BAJU APEK atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight