Seputar Perempuan

Kesalahan-Kesalahan yang Bisa Bikin Berat Badan Susah Turun

Penulis: Dhita Koesno, tirto.id - 30 Jun 2022 14:50 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Daftar kesalahan yang bisa bikin berat badan jadi susah turun, salah satunya makan makanan sehat yang instan.
tirto.id - Sebagian besar orang, khususnya kaum perempuan yang sedang menjalani program penurunan berat badan, masih saja gagal dalam perjalanannya.

Padahal, berbagai aturan sudah diterapkan, di antaranya mengikuti pola diet baik yang disarankan.

Banyak juga yang mencoba mencari cara untuk menurunkan berat badan, namun hanya sedikit yang benar-benar bisa melihat hasil positifnya.


Beberapa orang akhirnya hanya memiliki berat badan yang sama meski telah berbulan-bulan menjalani pola diet, dan yang lainnya bahkan menambah berat badan lebih dari yang awalnya mereka miliki.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Karena terlalu banyak informasi dan mengikuti tren yang ada, atau sekedar diet iseng-iseng, kita justru tidak dapat mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan tubuh dan tujuannya ingin menurunkan berat badan secara efektif.

Menurut laman Times of India, para pelaku diet umumnya melakukan banyak kesalahan yang hanya menghabiskan waktu dan energi, sehingga gagal untuk berhasil dalam misi penurunan berat badan yang ideal.

Kesalahan saat Sedang Berdiet


Berikut ini beberapa kesalahan penurunan berat badan yang umum dilakukan banyak orang dan salah satunya mungkin juga pernah Anda alami.

1. Terlalu banyak stres

Ilustrasi pelampiasan stress
Ilustrasi pelampiasan stress. iStockphoto/GettyImages


Jika Anda mudah stres selama bekerja atau di siang hari secara umum, maka ini bisa menjadi rintangan dalam perjalanan penurunan berat badan.

Beberapa orang stres untuk menurunkan berat badannya, terutama jika mereka berada di tenggat waktu, seperti menjadi langsing dalam sebulan karena akan menikah.

Menurut penelitian, Hormon stres kortisol memperlambat metabolisme dan juga dapat memicu pelaku diet mencari makanan manis untuk energi instan.

Ini juga akan membuat penambahan berat badan sebagai gantinya. Karenanya, cobalah untuk memiliki pikiran yang sejuk sepanjang hari dan jangan memaksakan diri untuk menurunkan berat badan secepatnya.

2. Melewatkan waktu makan

Ilustrasi Emotional Eating
Ilustrasi Emotional Eating. foto/istockphoto


Teknik diet ketat lain yang dipilih orang adalah mereka mulai melewatkan makanan utama seperti sarapan, makan siang, atau makan malam.

Ini tidak terlalu membantu, dan malah memperburuk kesehatan. Jika melewatkan sarapan dan mencoba menahan rasa lapar, Anda mungkin akan makan banyak saat makan siang.

Tetap merasa lapar juga bisa memicu masalah lambung, mengganggu pencernaan lebih jauh.

Yang perlu dilakukan adalah merencanakan makanan sedemikian rupa sehingga Anda makan dalam porsi kecil dan selesai makan tepat waktu.

Ini juga akan memastikan bahwa Anda tetap bugar dan sehat untuk berolahraga juga.

3. Makan makanan 'sehat' dalam kemasan

Ilustrasi Camilan
Ilustrasi Camilan. FOTO/iStockphoto


Makanan 'sehat' yang siap makan dan dikemas tidaklah sehat dan bisa membuat penurunan berat badan seperti yang kita pikirkan.

Memilih jenis makanan ini sama saja dengan kita membodohi diri sendiri. Karena makanan kemasan mengandung berbagai pengawet, gula, natrium, dan komponen lain yang mungkin tidak sehat untuk dimasukkan ke dalam pola diet.

Cara terbaik untuk menurunkan berat badan melalui diet adalah dengan benar-benar memasak makanan sehat di rumah dan dengan cara itu Anda akan mengetahui bahan-bahannya dan seberapa banyak jumlah yang dimakan, serta bisa mengontrolnya dengan tepat.

Anda akan menemukan diri Anda secara otomatis menggunakan lebih sedikit minyak atau mentega, yang tidak dapat dilakukan jika sedang mengonsumsi makanan kemasan.

4. Kurang tidur

Ilustrasi Kurang tidur
Ilustrasi Kurang tidur. FOTO/istockphoto


Gaya hidup memiliki peran utama dalam perjalanan penurunan berat badan.

Jika belum tidur nyenyak di malam hari, maka akan sulit bagi Anda untuk berolahraga secara efisien keesokan harinya.

Jika makan malam lebih awal untuk menurunkan berat badan dan tidur larut malam, Anda akan tergoda untuk ngemil larut malam, yang dapat mengacaukan rencana diet.

Penelitian telah menemukan bahwa orang yang kurang tidur memilih makanan yang tinggi kalori dan karbohidrat.

Anda harus mendapatkan tidur yang cukup berdasarkan kebutuhan tubuh. Disarankan untuk tidur sekitar 7-8 jam.


Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Yantina Debora

DarkLight