Piala Indonesia 2018

Kerusuhan Suporter Hentikan Laga PS TIRA vs PSIM Yogyakarta

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 11 Desember 2018
Pertandingan PS TIRA vs PSIM Yogyakarta dihentikan wasit pada menit 80 akibat kericuhan suporter.
tirto.id - Pertandingan Piala Indonesia 2018 yang mempertemukan PS TIRA vs PSIM Yogyakarta di Stadion Sultan Agung, Bantul, Selasa (11/12/2018) terhenti akibat kericuhan suporter. Saat wasit Maulana Nugraha menghentikan laga, skor sementara adalah 2-0 untuk kemenangan PS TIRA.

Situasi yang tak kondusif bermula dari sikap tidak terima suporter PSIM akibat keputusan wasit Maulana Nugraha. Maulana dinilai teledor karena mengesahkan gol pemain PS TIRA, Pandi Ahmad Lestaluhu pada menit 73. Padahal, menurut kesaksian pemain di lapangan, Pandi berada pada posisi offside sebelum menyarangkan gol ke gawang PSIM.

"Kebetulan saat gol kedua terjadi pemain kami ada di belakang wasit, tampak offside," ujar pelatih PSIM, Bonna Elisa Simanjuntak sperti dilansir antara.

Setelah terjadinya gol itu, pertandingan sempat menjurus kasar. Berulang kali pemain kedua kesebelasan terlibat kontak fisik yang berujung pelanggaran. Emosi suporter kian menjadi-jadi, menyusul sesaat kemudian wasit tidak memberikan penalti kepada PSIM akibat tekel keras pemain PS TIRA di dalam kotak penaltinya.

Puncaknya terjadi pada menit 80. Para suporter PSIM yang berada di tribun timur melompat pagar pembatas, turun ke lapangan, dan mengejar wasit Maulana Nugraha. Beberapa pemain sempat menghalangi suporter yang masuk, namun hasilnya sia-sia. Wasit pun sudah diamankan oleh pihak aparat yang menjaga pertandingan.


Setelah beberapa menit situasi tidak mereda, keputusan tegas pun diambil, Maulana akhirnya memutuskan laga harus dihentikan dengan PS TIRA keluar sebagai pemenang.

Laga PS TIRA vs PSM merupakan bagian dari fase 64 besar Piala Indonesia 2018. Babak pertama pertandingan berakhir tanpa gol, sebelum pada paruh kedua PS TIRA dua kali membobol gawang lawan.

Baca juga artikel terkait PIALA INDONESIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan