Kereta Cepat Jakarta-Bandung Disebut Bisa Melaju Hingga 420 Km/Jam

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 18 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Kereta cepat menggunakan kereta generasi terbaru CR400AF, hasil pengembangan tipe CRH380A oleh CRRC Qingdao Sifang buatan Cina yang memiliki kecepatan tinggi.
tirto.id - Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia Cina Chandra Dwiputra menjelaskan, kereta cepat Jakarta-Bandung bisa melaju dengan kecepatan tinggi hingga 420 kilometer (KM)/jam.

Hal itu disebabkan kereta cepat menggunakan kereta generasi terbaru CR400AF, hasil pengembangan tipe CRH380A oleh CRRC Qingdao Sifang buatan Cina.

Satu rangkaian kereta CR400AF terdiri dari 8 gerbong (cars) dengan komposisi empat gerbong bermotor dan empat gerbong tanpa motor.

"Dengan komposisi ini memungkinkan kereta CR400AF memiliki kecepatan desain hingga 420km/jam dan kecepatan operasional 350 km/jam," jelas dia dalam keterangan resmi yang diterima Tirto, Senin (17/6/2019).

Meskipun kecepatan tinggi, ia menjelaskan, dari sisi kenyamanan CR400AF memiliki cabin noise yang lebih rendah sehingga mampu meredam getaran dan suara di dalam kereta dengan lebih optimal.

"Dengan kecepatan tinggi tersebut, CR400AF Kereta Cepat Indonesia akan menempuh jarak 142,3 km Jakarta- Bandung hanya dalam waktu 36 menit untuk perjalanan langsung, hingga 46 menit dengan kondisi perjalanan berhenti di setiap stasiun," katanya.

Di sepanjang trase kereta cepat Jakarta-Bandung terdapat empat stasiun pemberhentian yakni di Halim, Karawang, Walini, dan Tegalluar.

Chandra mengatakan, kereta baru ini menawarkan teknologi modern yang mampu mempersingkat waktu. Penentuan harga tiket menjadi perhatian khusus dan merupakan salah satu faktor yang penting dalam bisnis transportasi massal.

"Namun, penetapan harga tiket kereta cepat masih terus dikaji hingga operasional pada tahun 2021 mendatang," kata dia.

CR400AF memiliki lebar 3,36 m dan tinggi 4,05 m dengan panjang kepala kereta 27,2 m dan intermediate kereta 25 m. CR400AF memiliki dimensi lebih besar dari tipe sebelumnya.

CR400AF juga memiliki masa penggunaan lebih lama hingga lebih dari 30 tahun serta biaya perawatan yang lebih rendah.

Berbeda dengan tipe sebelumnya, CR400AF didesain untuk beroperasi di empat iklim salah satunya di iklim tropis dengan konsisi suhu dan kelembaban tinggi seperti di Indonesia.

Setiap rangkaian CR400AF dilengkapi dua Lightning Arrester untuk meningkatkan keamanan terhadap sambaran petir terutama di sisi peralatan tegangan tinggi.


Baca juga artikel terkait PROYEK KERETA CEPAT atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight