Kereta Bandara Lewat Stasiun Manggarai, Harga Tiket Promo Rp40.000

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 7 Oktober 2019
Perjalanan dari Stasiun Manggarai dalam satu hari melayani 34 perjalanan mulai 5.10 WIB
tirto.id - Stasiun Manggarai kini telah resmi melayani perjalanan kereta api menuju Bandara Soekarno Hatta. PT Railink selaku operator kereta api bandara pun memberi harga promo senilai Rp 40.000 per penumpang sampai 31 Oktober 2019. Bagi 100 penumpang pertama akan digratiskan.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyatakan pembukaan rute dari Stasiun Manggarai ini diprediksi mampu meningkatkan keterisian penumpang menjadi 60 persen. Beberapa alasannya, Stasiun Manggarai dianggap memiliki banyak transportasi untuk perjalanan dari dan ke kereta (feeder) seperti commuter line sampai kereta jarak jauh.

“Kita intensifkan Stasiun Manggarai karena termasuk stasiun sentral untuk kereta jarak jauh maupun KRL di Stasiun Manggarai. Jadi bagi masyarakat dari Bogor, Bekasi dan Depok bisa melalui KRL dan melanjutkan dengan KA Bandara ke Soekarno Hatta,” ucap Budi dalam setkab.go.id Minggu (6/10/2019).

Bud mengatakan posisi Manggarai yang didukung banyak feeder membuatnya relatif lebih baik dibanding stasiun BNI City. Sebab selama ini okupansi kereta bandara hanya di kisaran 35 persen bahkan sempat menyentuh 20 persen pada Maret 2019 dengan 2.800-an penumpang per hari.

Melalui rute baru dari Stasiun Manggarai, kini kereta bandara melayani total 5 stasiun. Empat lainnya adalah BNI City, Duri, Batu Ceper, dan Bandara Soekarno Hatta.

Adapun kereta bandara ini beroperasi dengan keberangkatan pertama pukul 05.10 dan terakhir pukul 21.40 WIB. Untuk arah sebaliknya dimulai pukul 06.20 WIB dan pemberangkatan terakhir dari Bandara adalah pukul 23.20 WIB.

Kereta akan tersedia setiap 30 menit. Budi pun menargetkan ada sekitar 34 perjalanan dalam sehari.

“Perjalanan dari Stasiun Manggarai dalam satu hari melayani 34 perjalanan mulai 5.10 WIB,” ucap Budi.



Baca juga artikel terkait KERETA BANDARA atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Nurul Qomariyah Pramisti
DarkLight