Kendaraan Arus Balik Mulai Padati Tol Jakarta-Cikampek

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 3 September 2017
Tol Cikampek mulai dipadati kendaraan arus balik libur Idul Adha yang mengarah ke Jakarta.
tirto.id - Tol Jakarta-Cikampek, pada Minggu (3/9/2017) sore mulai dipadati kendaraan arus balik libur Idul Adha 1438 Hijriyah/2017 Masehi yang mengarah ke Jakarta dan sekitarnya

"Kami memprediksi puncak arus balik libur Idul Adha berlangsung hari ini dengan peningkatan volume kendaraan mencapai 25 persen dari situasi normal," kata Humas PT Jasa Marga Jakarta-Cikampek Handoyono di Bekasi.

Pantauan melalui layar kamera pengawas (CCTV) Sentral Komunikasi (Senkom) Jasa Marga Jakarta-Cikampek melaporkan, kepadatan nampak terjadi sepanjang GT Cikarang Utama hingga tempat peristirahatan di KM19 Tambun.

Titik kepadatan juga terpantau di lintasan Gerbang Tol Bekasi Timur hingga kawasan Cikunir, Kota Bekasi.

Dikatakan Handoyono, volume kendaraan di GT cikarang Utama diprediksi sebanyak 97.086 kendaraan atau meningkat 25 persen dari lalu lintas normal 77.331 kendaraan.

"Sebab GT Cikarang Utama adalah salah satu akses masuk menuju Jakarta, yang berasal dari Wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan sekitarnya," katanya.

Menurut dia, Jasa Marga telah mempersiapkan antisipasi peningkatan lalu lintas di GT Cikarang Utama dengan memaksimalkan 31 gardu operasional yang menuju arah Jakarta.

Pihaknya juga melakukan pengalihan kendaraan melalui GT Cikarang Barat 2 jika terjadi antrean di GT Cikarang Utama lebih dari 1 KM.

Sementara untuk mengurai kepadatan lalu lintas setelah GT Cikarang Utama yang menuju Jakarta, kata dia, Jasa Marga telah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk melakukan lawan arus mulai dari KM29 sampai dengan KM21.

"Kami mengimbau pengguna jalan untuk dapat mengatur jadwal perjalanan balik menuju Jakarta, dan selalu menggunakan uang elektronik untuk pembayaran tol agar dapat mempercepat waktu transaksi," katanya.

Baca juga artikel terkait PUNCAK ARUS BALIK atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Yandri Daniel Damaledo
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight