Kenali Tujuh Port pada Laptop Beserta Fungsinya

Oleh: Balqis Fallahnda - 10 Desember 2020
Dibaca Normal 2 menit
Berikut ini mengenal 7 port pada sebuah laptop dan mengetahui fungsi-fungsinya.
tirto.id - Laptop biasanya memiliki sejumlah lubang-lubang di pinggirnya, lubang ini adalah port atau sering juga disebut dengan colokan.

Fungsi utama dari port adalah untuk menghubungkan komputer dengan komponen eksternal komputer, demikian melansir Blog UNNES.

Namun, jika diperhatikan, port pada laptop memiliki jenis atau bentuk lubang yang berbeda. Perbedaaan bentuk ini juga merupakan identifikasi kegunaannya yang berbeda pula.

Setidaknya ada tujuh jenis port yang biasa ditemukan pada laptop, berikut nama dan kegunaannya melansir Electronics Hub dan Laptop Mag.

Port USB

Universal Serial Bus (USB) dapat digunakan untuk mentransfer data, bertindak sebagai antarmuka untuk periferal, dan bahkan bertindak sebagai catu daya untuk perangkat yang terhubung dengannya.

Ada tiga jenis port USB: Tipe A, Tipe B atau mini USB dan Tipe C atau micro USB.

1. USB Tipe A

Port USB Type-A adalah konektor 4 pin. Ada berbagai versi port USB Tipe - A: USB 1.1, USB 2.0 dan USB 3.0. USB 3.0 adalah standar umum dan mendukung kecepatan data 400MBps.

USB 3.1 juga dirilis dan mendukung kecepatan data hingga 10Gbps. USB 2.0 berkode warna Hitam dan USB 3.0 berwarna Biru.

2. USB Tipe B

USB Tipe B tidak akan ditemukan di komputer mana pun, tetapi banyak hub, stasiun dok, dan printer menggunakannya sebagai port input.

Untuk perangkat ini, pengguna memerlukan kabel USB Tipe A ke Tipe B, yang biasanya disertakan dengan periferal.

3. USB Tipe C

USB Tipe C adalah spesifikasi terbaru dari USB dan merupakan konektor yang dapat dibalik. USB Tipe - C seharusnya menggantikan Tipe A dan B dan dianggap teknologi masa depan. Port USB Tipe C terdiri dari 24 pin.

USB Tipe C dapat menangani arus 3A. Fitur penanganan arus tinggi ini digunakan dalam Teknologi Pengisian Cepat terbaru di mana baterai Ponsel Cerdas akan mencapai pengisian penuhnya dalam waktu yang sangat singkat.

Port HDMI

HDMI adalah singkatan dari High Definition Media Interface. HDMI adalah antarmuka digital untuk menghubungkan perangkat High Definition dan Ultra High Definition seperti monitor Komputer, HDTV, pemutar Blu-Ray, konsol game, Kamera Definisi Tinggi, dan lain-lain.

HDMI dapat digunakan untuk membawa video tidak terkompresi dan sinyal audio terkompresi atau tidak terkompresi.

Konektor HDMI terdiri dari 19 pin dan versi terbaru HDMI yaitu HDMI 2.0 dapat membawa sinyal video digital hingga resolusi 4096 × 2160 dan 32 saluran audio.

Port Audio

Sesuai namanya, Port audio digunakan untuk menghubungkan speaker atau perangkat output audio lainnya dengan komputer.

Sinyal audio dapat berupa analog atau digital dan bergantung pada port dan konektor yang sesuai.

Port SD Card Reader

Merupakan port yang dapat digunakan untuk membaca kartu memori dari kamera digital . Jika pengguna sering mentransfer gambar dari kamera DSLR atau mirrorless ke laptop atau desktop, memiliki port SD Card Reader adalah kenyamanan yang dapat sangat membantu memudahkan aktivitas.

Port Thunderbolt 3

Thunderbolt 3 merupakan koneksi umum tercepat di pasaran saat ini, Thunderbolt 3 dapat mentransfer data hingga 40 Gbps, empat kali lebih cepat daripada koneksi USB tercepat (USB 3.1 gen 2).

Standar kecepatan tinggi ini juga dapat menghasilkan hingga dua monitor 4K sekaligus, karena satu port membawa sinyal DisplayPort ganda.

Di beberapa perangkat baru, pengguna dapat menggunakan Thunderbolt 3 untuk menyambungkan laptop ke kartu grafis eksternal, yang memungkinkan pengguna untuk memainkan game kelas atas di laptop yang ramping.

Semua port Thunderbolt 3 menggunakan koneksi USB Type-C dan berfungsi ganda sebagai port USB Tipe C, memungkinkannya untuk terhubung ke seluruh periferal USB dan juga dapat digunakan untuk mengisi daya laptop.

Sebelum Thunderbolt 3, yang mulai muncul di laptop pada akhir 2015, ada Thunderbolt 2 dan standar Thunderbolt asli, tetapi sangat sedikit sistem yang menggunakannya.

Dengan kabel adaptor, pengguna dapat menyambungkan komputer Thunderbolt 3 ke perangkat Thunderbolt versi lama.

Port Ethernet

Ethernet adalah teknologi jaringan yang digunakan untuk menyambungkan komputer ke Internet dan berkomunikasi dengan komputer atau perangkat jaringan lain.

Port Ethernet juga dikenal sebagai RJ-45 yang merupakan konektor modular tipe 8 pin - 8 kontak (8P - 8C). Teknologi Ethernet terbaru disebut Gigabit Ethernet dan mendukung kecepatan transfer data lebih dari 10Gigabits per detik.

Port VGA

Dikenal dengan sebutan kakek dari segala output video, VGA (Video Graphic Array) berasal dari tahun 1987 tetapi masih umum di banyak monitor dan proyektor saat ini.

Namun, karena konektor 15-pin agak tebal, VGA tidak akan banyak ditemukan pada laptop atau desktop generasi saat ini. VGA adalah koneksi analog, yang dapat menyebabkan degradasi sinyal pada kabel yang lebih panjang, dan hanya menghasilkan hingga 1920 x 1200.


Baca juga artikel terkait PORT PADA LAPTOP atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight