Kenali Penyebab Payudara Gatal dan Cara Mengatasinya

Oleh: Balqis Fallahnda - 6 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini adalah beberapa penyebab payudara gatal dan bagaimana cara mengatasinya.
tirto.id - Payudara gatal mungkin menjadi umum bagi sebagian wanita. Tapi jika gatalnya terjadi terus menerus, hal itu bisa menimbulkan rasa tidak nyaman.

Menjadi lebih buruk jika rasa gatal yang tak tertahan terjadi di depan umum. Menggaruknya tentu adalah ide buruk yang dapat membuat malu.

Meski payudara gatal adalah hal yang biasa terjadi, namun jika gatal berlangsung lama hingga menyebar ke bagian tubuh yang lain, ada baiknya Anda cepat menghubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Berikut ini penyebab payudara gatal dan cara menghilangkannya, sebagaimana yang dilansir Healthline.

Dermatitis atopik

Dermatitis atopik adalah penyebab umum dari payudara atau puting yang gatal. Jenis dermatitis ini juga disebut eksim, yang merupakan peradangan kulit.

Meskipun penyebabnya tidak diketahui, dermatitis atopik dapat menyebabkan kulit kering, gatal, dan ruam.

Faktor-faktor dapat memperburuk payudara atau puting yang gatal:

- Serat buatan
- Pembersih
- Parfum
- Sabun
- Serat wol
- Kulit kering

Masitis atau infeksi jaringan payudara

Mastitis, infeksi jaringan payudara, juga dapat menyebabkan gatal-gatal pada payudara dan puting.

Kondisi ini paling sering menyerang ibu baru yang sedang menyusui. Ibu menyusui dapat mengalami saluran susu tersumbat atau paparan bakteri, yang menyebabkan mastitis. Gejala tambahan mastitis meliputi:

- Nyeri payudara
- pembengkakan
- kemerahan
- Rasa sakit atau terbakar saat menyusui

Infeksi ragi

Kulit di bawah dan di sisi payudara seringkali dalam kondisi lembab, kondisi ini memungkinkan pertumbuhan ragi berlebih yang dapat menyebabkan gatal.

Untuk mencegah pertumbuhan ragi di bawah payudara, ada baiknya memakai bra yang terbuat dari kain yang bisa bernapas, seperti kapas.

Mengenakan bra yang nyaman dan suportif, bahkan saat tidur, dapat mencegah lipatan kulit dari terperangkapnya keringat dan kelembaban.

Setelah mandi, pastikan bahwa area di bawah payudara Anda benar-benar kering sebelum mengenakan bra.

Jika Anda berolahraga, pastikan untuk memilih bra atletik yang terbuat dari kain yang menjaga keringat dan kelembaban dari kulit, dan segera ganti jika sudah dipakai. Demikian sebagaimana dilansir Verywellhealth.

Psoriasis

Psoriasis adalah kondisi kulit yang menyebabkan kulis mengelupas seperti sisik. Kondisi ini dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja, termasuk payudara, meskipun payudara bukanlah lokasi paling umum. Psoriasis dapat diobati dengan fototerapi atau obat topikal.

Ruam panas

Ruam panas dapat terjadi sebagai akibat dari paparan panas ekstrem, pakaian yang sangat berat atau ketat, dan berkeringat.

Bagi sebagian orang ruam panas dapat memengaruhi seluruh tubuh, dan mungkin sembuh sendiri, atau dapat diobati.

Perubahan Hormon

Perubahan hormon yang menyebabkan payudara menjadi lebih besar, seperti pubertas, kehamilan, menyusui, dan menyapih, semua dapat menyebabkan payudara terasa sakit atau gatal. Umumnya, masalah ini berlangsung selama beberapa hari atau beberapa minggu.

Reaksi Pasca Bedah

Jika Anda baru saja menjalani operasi payudara, rasa gatal bisa menjadi bagian normal dari pemulihan Anda.

Operasi pembesaran payudara, khususnya, dapat menyebabkan gatal. Kulit payudara membentang untuk mengakomodasi implan, menghasilkan gejala ini.

Kebanyakan wanita menemukan bahwa rasa gatal hilang dalam beberapa bulan setelah operasi.

Jika gatalnya menetap dan tidak dapat ditoleransi, Anda harus berkonsultasi dengan dokter bedah atau dokter perawatan primer Anda.

Meski jarang terjadi, payudara atau puting yang gatal dapat menjadi gejala dari kondisi medis yang lebih serius.

Kanker payudara juga dapat menyebabkan gatal-gatal pada payudara dan puting. Jika perubahan warma pada kulit dan tekstur payudara terjadi, segera temui dokter karena merupakan gejala kesehatan serius.


Baca juga artikel terkait PENYEBAB PAYUDARA GATAL atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight