Kenali Jenis-Jenis Black Card: Kartu Kredit Kaum Elite

Oleh: Balqis Fallahnda - 23 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Fakta soal black card, kartu kredit milik miliarder yang terpilih.
tirto.id - Ada dua jenis black card umumnya digunakan oleh kaum-kaum elite, yaitu The American Express Centurion dan The Mastercard Black Card. Walaupun keduanya merupakan kartu kredit mewah yang hanya dimiliki oleh kalangan atas, ada beberapa perbedaan di antara mereka. Berikut ulasannya dikutip Credit Insider.

The American Express Centurion merupakan salah satu kartu kredit kelas atas, dan penggunanya hanya bisa menjadi anggota dengan undangan ekslusif dari American Express (Amex). Namun, saat ini bagi mereka yang ingin menjadi anggota juga dapat mengajukan permintaan undangan.

Mastercard Black Card adalah kartu kredit perjalanan kelas atas, dan aplikasi terbuka untuk siapa saja. Tingkatnya sama dengan kartu seperti The Platinum Card dari American Express, Chase Sapphire Reserve, dan Citi Prestige Card.

Dilihat dari biaya, The American Express Centurion membutuhkan biaya sekitar 10 kali lebih tinggi dibandingkan Mastercard Black Card. Sehingga, bisa dibilang, kedua kartu tersebut meski memiliki warna hitam yang sama, tetapi keduanya merupakan kartu dari kelas yang berbeda.

Untuk mendapatkan Mastercard Black Card, cukup mengajukan permintaan secara online seperti kebanyakan kartu kredit. Calon pengguna akan membutuhkan kredit yang sangat baik untuk mendapatkannya, dengan biaya tahunan 495 USD.

Lain halnya dengan The American Express Centurion yang membutuhkan undangan pribadi untuk dapat bergabung menjadi anggota, dan hanya beberapa saja yang akan dipilih.

Dalam perkembangan terkini, saat ini calon anggota dapat mengajukan permintaan undangan untuk bergabung. Namun, perlu diingat untuk mengajukan permintaan seseorang harus menjadi pemegang kartu Amex.

Amex tidak mengumumkan banyak informasi tentang black card mereka, termasuk persyaratan lengkapnya, tetapi rata-rata pemegang kartu menghasilkan lebih dari 1 juta USD per tahun.

Pengguna juga harus menggunakan kartu American Express lainnya setidaknya selama satu tahun, dan telah menghabiskan banyak uang (perkiraannya adalah 250.000 USD) untuk itu. Ini menjadikan Centurion salah satu kartu kredit paling eksklusif di pasaran.

Setelah diundang, pelamar biasanya harus membayar biaya inisiasi 10.000 USD, meskipun beberapa ditawarkan kartu tanpa biaya.

Ada juga biaya tahunan sebesar 5.000 USD di Amerika Serikat (biaya ini berpotensi lebih tinggi untuk negara lain), dan dikabarkan, anggota perlu mengeluarkan biaya setidaknya 250.000 USD per tahun untuk mempertahankan kartu tersebut.


Baca juga artikel terkait KARTU KREDIT atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Ekonomi)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight