Kenali Gejala Kanker Payudara pada Pria Seperti Kasus Ayah Beyonce

Oleh: Destri Ananda Prihatini - 10 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Angka kematian akibat kanker payudara cenderung lebih tinggi pada pria karena kesadaran pria lebih rendah terhadap kanker payudara, yang dapat menyebabkan keterlambatan dalam melakukan pengobatan.
tirto.id - Kanker payudara merupakan penyakit yang terjadi ketika sel abnormal tumbuh pada struktur jaringan payudara. Kanker payudara dapat terjadi pada siapapun baik pria maupun perempuan.

Meskipun kanker payudara lebih sering terjadi pada perempuan, namun pria juga berpeluang terkena penyakit kanker payudara. Salah satunya seperti yang terjadi pada ayah penyanyi Beyonce, Mathew Knowles.

Ayah Beyonce diketahui menderita penyakit kanker payudara pada usianya yang ke-67 tahun.

Kanker payudara pada pria terjadi ketika beberapa sel payudara membelah lebih cepat daripada sel sehat. Sel-sel yang menumpuk membentuk tumor dan dapat menyebar ke jaringan terdekat, yaitu ke kelenjar getah bening atau ke bagian lain dari tubuh. Kanker payudara pada pria biasanya terdeteksi sebagai benjolan keras dibawah puting dan areola.

Penyakit kanker payudara yang terjadi pada pria cenderung langka dan sedikit kasusnya. Menurut National Breast Cancer Foundation, kurang dari satu persen kasus kanker payudara terjadi pada pria, dan hanya satu dari seribu pria yang akan didiagnosisa menderita kanker payudara.

Namun, angka kematian akibat kanker payudara cenderung lebih tinggi pada pria, hal ini lantaran kesadaran pria lebih rendah terhadap kanker payudara, yang dapat menyebabkan keterlambatan dalam melakukan pengobatan.

Seperti yang dilansir dari Mayoclinic, beberapa hal yang menjadi penyebab munculnya kanker payudara pada pria antara lain usia yang lebih tua, paparan radiasi, tingginya kadar hormon estrogen, penyakit liver, obesitas, dan riwayat keluarga dengan kanker payudara.

Guna mengetahuinya tanda-tandanya dan gejala kanker payudara seperti dilansir Medical News Today antara lain,

1. Perubahan tekstur kulit

Kanker payudara dapat menyebabkan perubahan kulit seperti bersisik di sekitar puting dan areola, seolah-olah kulit terbakar sinar matahari, sangat kering atau penebalan kulit di setiap bagian payudara.

Perubahan-perubahan ini juga dapat menyebabkan gatal-gatal, yang orang sering kaitkan dengan kanker payudara, meskipun itu tidak umum.

2. Keluarnya cairan dan perubahan pada puting susu

Puting susu dari orang yang terkena kanker payudara biasanya juga mengalami kemerahan, kerak, berdarah, atau puting yang mulai mencekung ke dalam. Selain itu terjadi pembengkakan dan pengeluaran cairan yang abnormal yang dapat dirasakan di bawah puting dan area dada.

3. Perubahan kelenjar getah bening

Kelenjar getah bening adalah kumpulan kecil dari jaringan sistem kekebalan yang menyaring cairan dan menangkap sel-sel yang berpotensi berbahaya, termasuk bakteri, virus, dan sel kanker. Daerah kelenjar getah bening pada ketiak akan ikut terdampak saat terdapat sel kanker payudara. Kondisi ini dapat menyebabkan pembengkakan berupa benjolan di area ketiak.

4. Rasa sakit pada payudara dan puting

Kanker payudara dapat menyebabkan perubahan sel kulit yang menimbulkan rasa sakit, nyeri, tekanan, dan ketidaknyamanan pada payudara. Meskipun pada umumnya tidak menimbukan rasa sakit, penting untuk tidak mengabaikan tanda atau gejala yang mungkin disebabkan oleh kanker payudara.




Baca juga artikel terkait KANKER PAYUDARA atau tulisan menarik lainnya Destri Ananda Prihatini
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Destri Ananda Prihatini
Penulis: Destri Ananda Prihatini
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight