Kenali Gejala Eksim, Ruam dan Gatal pada Kulit Bayi

Oleh: Dina Arristy - 4 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Ada beberapa faktor yang menjadi pemicu munculnya eksim pada anak atau bayi, salah satunya yaitu alergi susu.
tirto.id - Eksim adalah istilah untuk sekelompok kondisi medis yang menyebabkan kulit meradang atau teriritasi.

Melansir laman Web MD, jenis eksim yang paling umum dikenal sebagai dermatitis atopik, atau eksim atopik. Atopic mengacu pada sekelompok penyakit dengan kecenderungan yang sering diturunkan untuk mengembangkan kondisi alergi lainnya, seperti asma dan demam.

Penyakit kulit Eksim biasanya menyebabkan area kulit seseorang menjadi meradang, gatal, dan merah.

Eksim bisa menyerang siapa saja. Di Amerika Serikat, sekitar 10 persen hingga 20 persen bayi dan sekitar 3 persen orang dewasa dan anak-anak terserang penyakit ini.

Pada bayi, biasanya eksim terjadi karena ada salah satu anggota keluarga yang terserang, atau diwariskan oleh orang tuanya.

Menurut National Eczema Association, ada beberapa hal yang menjadi pemicu seorang bayi terserang eksim, yaitu kulit kering, iritasi, kepanasan dan berkeringat, infeksi, alergi seperti bulu hewan peliharaan, serbuk sari, atau debu.

Selain beberapa pemicu di atas, air liur yang keluar juga dapat menyebabkan iritasi pada pipi, dagu, dan leher bayi Anda.

Eksim juga bisa menyerang bayi yang mengidap Cow’s Milk Protein Allergy (CMPA) atau Alergi Protein Susu.

Menurut catatan Livestrong, ada dua jenis utama susu formula yang bisa membuat bayi alergi, yaitu: susu sapi dan kedelai.

Jika eksim dipicu dari susu formula yang telah dikonsumsi, gejala yang akan terjadi akan muncul dalam waktu dua jam setelah konsumsi susu formula.

Protein sangat penting untuk masa pertumbuhan dan perkembangan anak. Protein tidak dapat sepenuhnya dihapus dari makanan atau minuman bayi.

Laman Livestrong melaporkan, ada beberapa opsi alternatif yang dapat mengganti susu sebagai penggantin protein untuk bayi.

Protein Hidrolisat ada adalah jenis formula yang dibuat untuk bayi yang mengidap alergi kedelai dan susu.

Formula ini juga dikenal sebagai formula hypoallergenic yang mengandung semua nutrisi penting yang dibutuhkan pada bayi, serta mudah untuk dicerna.

Menurut catatan Web MD, untuk meredakan gatal – gatal dan iritasi pada kulit bayi, orang tua dapat memberikan krim serta salep yang mengandung hidrokortison, dan ada juga beberapa obat yang diperlukan memakai resep dari dokter.

Cara terbaik untuk mencegah eksim anak Anda adalah dengan mengetahui gejala lebih awal, serta menghindari pemicunya, serta penanganan yang tepat apabila sudah terserang eksim.


Baca juga artikel terkait PARENTING atau tulisan menarik lainnya Dina Arristy
(tirto.id - Kesehatan)


Penulis: Dina Arristy
Editor: Yandri Daniel Damaledo