Kenali Fitur Baru Zoom 2021: Resepsionis Virtual untuk Sambut User

Oleh: Septiany Amanda - 6 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Zoom meluncurkan fitur baru pada 2021 yaitu resepsionis virtual.
tirto.id - Zoom memperkenalkan fitur-fitur baru yang bertujuan membantu pengguna beralih kembali ke pekerjaan dari kantor atau kerja hybrid, salah satu fiturnya yaitu resepsionis virtual.

"Bisnis dapat menggunakan teknologi untuk memberdayakan pekerja di mana pun mereka berada, merampingkan kolaborasi antara pekerja di kantor dan jarak jauh, dan membuat transisi kembali ke kantor dengan aman," kata Zoom dikutip dari situs resminya.

Zoom Rooms, Zoom Rooms Appliances, dan Zoom for Home memiliki fitur-fitur yang dirancang untuk mendukung tenaga kerja hybrid.

Dilansir Gadgets 360, fitur resepsionis virtual telah tersedia di Zoom Room Kiosk Mode secara umum. Resepsionis virtual dapat menyambut pengguna atau tamu dengan aman menggunakan perangkat Zoom Rooms for Touch.

Fitur resepsionis virtual membantu pengunjung dapat berhubungan dengan orang-orang di dalam gedung dari lokasi luar seperti lobi atau lokasi lain yang telah ditentukan sebelumnya.

Berikut sejumlah kegunaan fitur resepsionis virtual yang telah disediakan Zoom:
  • Reception;
  • Pengiriman & penerimaan (Shipping & receiving);
  • Meja bantuan IT (IT helpdesk);
  • Layanan Makanan (Food service);
  • Titik penjualan (Point of sale);
  • Check-in untuk janji medis (Medical appointment check-in).
Mengutip Antara News, selain fitur resepsionis virtual, pengguna dapat melihat berapa banyak orang yang ada di sebuah ruangan secara real time menggunakan Zoom Dashboard dan Scheduling Display. Hal tersebut dapat membantu pengguna memastikan bahwa protokol jarak sosial diikuti dan ruang pertemuan tidak terlalu penuh.

Neat yang merupakan produsen Zoom Rooms Appliances juga telah merilis Neat Sense sehingga memungkinkan pengguna untuk terus mengelola dan memantau kualitas udara, kelembapan, CO2, dan Senyawa Organik yang mudah menguap serta jumlah orang di dalam ruangan.

Semua data dan statistik untuk tersebut akan sepenuhnya tersedia di dasbor Zoom pada 11 Februari. Data lingkungan tersebut juga dapat dilihat di semua perangkat Neat untuk umpan balik waktu nyata tentang keamanan ruang rapat.

Zoom Rooms for Touch memungkinkan pengguna mengontrol desktop orang yang sedang berbagi layar. Zoom Rooms juga memiliki pilihan untuk memilih Tampilan Galeri ketika konten sedang dibagikan. Pengguna juga dapat membagikan file secara langsung melalui ultrasound pada perangkat Zoom for Home.

Fitur lainnya, pengguna dapat memasangkan perangkat Android atau iOS mereka untuk bergabung dalam rapat di Zoom Room. Sementara, perangkat Windows, Mac dan Zoom Rooms Appliance dapat melihat transkripsi secara real-time.

Tim TI juga akan memiliki lebih banyak kontrol untuk mengizinkan atau membatasi pengguna masuk ke Zoom pada Zoom yang dikelola sendiri untuk perangkat Zoom for Home. Admin juga dapat meminta mereka yang menggunakan Zoom Room Appliances dan Zoom for Home untuk mengatur PIN.

Sementara itu, Zoom mengatakan bahwa perintah suara yang disempurnakan untuk Zoom Rooms saat ini masih dalam versi beta.


Baca juga artikel terkait ZOOM atau tulisan menarik lainnya Septiany Amanda
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Septiany Amanda
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight