Kenali Diet Dubrow, Cara Menurunkan Berat Badan dengan Puasa

Oleh: Yonada Nancy - 18 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Dubrow Diet adalah diet rendah karbohidrat yang menggunakan puasa berselang untuk menurunkan berat badan
tirto.id - Diet dubrow merupakan salah satu diet yang paling populer di tahun 2018. Diet ini diperkenalkan pertama kali oleh bintang pemain reality show “The Real Housewives of Orange County", Heather Dubrow dan suaminya Dr.Terry Dubrow seorang ahli bedah plastik.

Dubrow Diet adalah diet rendah karbohidrat yang menggunakan puasa berselang untuk menurunkan berat badan. Dilansir Womans Day, metode ini terinspirasi dari gaya makan Terry selama masih di sekolah kedokteran. Ia menyatakan, makan lebih jarang membuat tubuhnya merasa lebih baik, sehingga Terry memutuskan untuk melakukan penelitian tentang interval makan.

Dalam penelitiannya, Terry melakukan percobaan selama enam bulan yang melibatkan 100 orang partisipan. Hasilnya, 98 persen partisipan merasa puas dengan metode yang berikan dengan rata-rata penurunan berat badan mencapai 48 pound (sekitar 21 kilogram).

Dari hasil percobaan Terry mengklaim bahwa metode diet dubrow mampu:
  • Memprogram ulang sel untuk menggunakan lemak ketimbang gula sebagai bahan bakar
  • Memerangi peradangan penyebab penyakit
  • Meningkatkan energi
  • Memperbaiki penampilan
  • Memperlambat proses penuaan
Diet Dubrow terdiri atas tiga fase dengan tujuan berbeda-beda. Fase pertama berjudul "Red Carpet Ready", yakni selama dua hingga lima hari pertama diet kalori selama8 jam. Sebagai contoh, pada jam 10 pagi sampai 6 sore diharuskan berpuasa selama 8 jam.


Makanan yang direkomendasikan pun harus diperhatikan indeks glikemiknya, termasuk protein tanpa lemak dan sayuran non-tepung, ditambah sedikit lemak sehat, buah, dan karbohidrat kompleks. Dalam fase ini alkohol tidak boleh dikonsumsi.

Fase kedua berjudul "Summer is Coming", yakni fase ketika mencapai target berat badan. Pada fase ini diizinkan untuk menambahkan lemak dan karbohidrat kompleks dan menikmati sedikit alkohol.

Selama fase ini, diperbolehkan memilih seberapa cepat trek jendela makan dan ‘cheat’ (satu snack cemilan, makanan cheat, atau cheat hari per minggu), tergantung pada seberapa cepat keinginan pelaku diet menurunkan berat badan .

Fase terakhir berjudul "Look Hot While Living Like a Human" yang dimaksudkan untuk mempertahankan berat badan setelah melewati dua fase sebelumnya. Itu berarti, pelaku diet perlu berpuasa selama 12 jam lima hari seminggu dan puasa selama 16 jam dua hari seminggu.

Diet Dubrow tentu mengingatkan pada Obsessive Corbuzier Diet (OCD) yang sempat viral beberapa tahun silam. Bedanya dengan OCD yang membebaskan pelakunya untuk makan apapun ketika masuk jendela makan, Diet Dubrow memiliki sejumlah pantangan.

Dilansir Healthline, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari ketika melakukan Diet Dubrow, yakni makanan olahan (keripik kentang, permen, dan cepat saji), minuman mengandung gula tinggi (soda, minuman berenergi,teh manis), daging yang tinggi lemak (bacon, daging domba, sosis), dan minyak olahan (minyak jagung, minyak kedelai, minyak kanola).

Tertarik untuk mencoba diet dubrow?


Baca juga artikel terkait DIET atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight