Kemensos Buka Seleksi Pendamping Sosial PKH 2019 untuk SMA-S1

Oleh: Yantina Debora - 22 November 2019
Lowongan PKH atau pendamping sosial Kemensos untuk lulusan SMA, D3 dan S1.
tirto.id - Kementerian Sosial (Kemensos) membuka rekrutmen Pendamping Keluarga Harapan (PKH) mulai 22 - 26 November 2019.

Pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui https://kemsos.go.id dan https://pkh.kemsos.go.id. Rekrutmen PKH Kemensos ini dibuka untuk lulusan SMA hinga S1.

Terdapat empat jabatan yang dibuka yaitu Pendamping Sosial, Pendamping Sosial Akses, Asministrator Pangkalan Data dan Koordinator Kabipaten atau Kota.

Jumlah lowongan untuk Pendamping sosial mencapai 2.500 kuota, lowongan administrator pangkalan data 15 kuota dan koordinator kabupaten atau kota sebanyak 20 kuota.

Lokasi penempatan untuk dibuka untuk Provinsi Aceh, Banten, Bengkulu, AKI jakarta, Gorontalo, Jambi, Jabar, Jateng, Jatim, Kalbar, Kalsel, Kaltim dan Kaltara.

Selanjutnya Kepulauan Belitung, Kepulauan Riau, Lampung, Maluku, Maluku Utara, NTB, NTT, Papua, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sualwesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Sumatera Utara.

Tata Cara Pendaftaran PKH Kemensos 2019

Pendaftaran online dibuka mulai 22 - 26 November 2019 pukul 23.59 WIB di websiter https://pkh.kemsos.go.id/ dan di https://kemsos.go.id.

Pelamar melakukan registrasi terlebih dahulu dengan emnggunakan NIK, setelah mendapat konfirmasi email, selanjutnya pelamar login dengan user dan password masing-masing.

Pelamar mengisi form pendaftaran secara lengkap yang terdiri dari:

a. Data Pribadi
b. Posisi jabatan yang dilamar
c. Data pendidikan terakhir
d. Data pelatihan yang relevan (bila ada)

Pelamar juga wajib mengunggah KTP, fotocopy ijazah yang sudah dilegalisir dan transkrip nilai serta sertifikat pelatihan dan sertifikat lainnya yang relevan.

Tahap seleksi PKH Kemensos bakal terdiri dari seleksi administrasi dan pdikotes dan uji kompetensi bidang.

Seleksi adminitrasi merupakan pelaksanaan verifikasi dokumen lamaran yang telah diunggah pada aplikasi rekrutmen SDM PKH online dan mencocokannya dengan persyaratan jabatan yang ditentukan.

Sedangkan psikotes dan uji kompetensi bidang, pelamar dinyatakan lulus seleksi ini jika memenuhi syarat kelulusan.


Baca juga artikel terkait PENDAMPING PKH atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight