Kemenkes Sesalkan Warga di Aceh Tolak Vaksinasi COVID Hingga Ricuh

Oleh: Irwan Syambudi - 29 September 2021
Pemerintah daerah setempat diminta upayakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar kejadian serupa tak terulang lagi.
tirto.id - Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi sangat menyayangkan kericuhan yang terjadi saat vaksinasi COVID-19 di Desa Padang Baru, Kecamatan Susoh, Aceh Barat Daya pada Selasa (28/9/2021). Pemerintah daerah setempat diminta upayakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar kejadian serupa tak terulang lagi.

"Kami menyayangkan aksi yang terjadi di Padang Baru, Aceh yang kemarin berujung kepada ricuh. Kita berharap semua masyarakat tentunya mendukung vaksinasI," kata Nadia dalam konferensi pers daring, Rabu (29/9/2021).

Vaksinasi COVID-19 ini kata dia harus dipahami sebagai sebagai upaya bersama untuk dapat keluar dari pandemi COVID-19. Dengan vaksinasi dan dapat keluar dari pandemi maka dapat membangkitkan aktivitas perekonomian masyarakat.

"Kami berharap pemerintah daerah dapat lebih mendorong upaya sosialisasi dan edukasi yang tentunya melibatkan tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat untuk memberikan pemahaman yang lebih baik lagi terhadap bahaya COVID-19 dan pentingnya untuk mendapatkan vaksinasi," katanya.

Nadia mengatakan, jangan sampai terjadi kelalaian sehingga Indonesia harus kembali menghadapi lonjakan kasus COVID-19 seperti yang terjadi sebelumnya.

Sebelumnya dilaporkan sejumlah nelayan dan pedagang ikan menolak hingga membubarkan gerai vaksinasi di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Ujong Serangga, Desa Padang Baru.

Dalam sejumlah video yang beredar di media sosial, terlihat sejumlah orang selain membubarkan gerai vaksinasi juga merusak sejumlah fasilitas gerai vaksinasi.



Baca juga artikel terkait VAKSINASI COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Irwan Syambudi
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Bayu Septianto
DarkLight