Kemenkes Sebut Masih Banyak Sekolah yang Belum Paham Imunisasi

Oleh: Alfian Putra Abdi - 30 April 2019
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia terus berupaya meningkatkan penyebaran imunisasi di Indonesia, salah satunya melalui sekolah-sekolah di tingkat dasar.
tirto.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia terus berupaya meningkatkan penyebaran imunisasi di Indonesia, salah satunya melalui sekolah-sekolah di tingkat dasar.

Menurut Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kemenkes, Vensya Sitohang mengatakan pemahaman sekolah terhadap imunisasi bagi para peserta didik tingkat dasar belum merata.

"Kami terus mensosialisasikan, agar pemahaman imunisasi di sekolah itu merata," ujarnya usai acara Imunisasi Lengkap, Indonesia Sehat di Kemenkes, Jakarta Selatan, Selasa (30/4/2019).

Imunisasi di tingkat sekolah dasar, menurut Vensya, menjadi sangat penting. Sebab di sana lah titik manusia hidup berkelompok, yang apabila timbul penyakit maka potensi penularan dan penyebaran akan sangat memungkinkan.

"Ketika satu anak tidak masuk sekolah harus diwaspadai. Anak itu bisa berpotensi terkena penyakit menular. Ketika ia masuk penularan itu bisa terjadi pada siapa saja," ujarnya.

Ia mengatakan lembaganya sudah membicarakan hal ini kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk membantu mensosialisasikan imunisasi di tingkat sekolah dasar.

"Akan rawan kalau imunisasi ini, tidak dipahami oleh pihak sekolah," pungkasnya.


Baca juga artikel terkait IMUNISASI atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Maya Saputri
DarkLight