Kemenkes Minta RS Siapkan 10-30% Tempat Tidur Antisipasi COVID-19

Sumber: Antara, tirto.id - 12 Jul 2022 12:06 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Menkes mengirimkan edaran kepada seluruh rumah sakit untuk menyiapkan tempat tidur 10-30 persen dari kapasitas guna mengantisipasi kenaikan kasus COVID-19.
tirto.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta rumah sakit (RS) untuk menyiapkan ketersediaan tempat tidur 10-30 persen dari kapasitas guna mengantisipasi kenaikan kasus COVID-19. Hal itu disampaikan Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril.

"Menteri Kesehatan [Budi Gunadi Sadikin] sudah membuat edaran agar seluruh rumah sakit menyiapkan kapasitas 10 sampai 30 persen dari tempat tidurnya untuk dipakai pasien," kata Syahril dikutip dari Antara, Selasa (12/7/2022).

Syahril menambahkan pemerintah juga menyiapkan sejumlah tempat isolasi mandiri seperti di Wisma Atlet dan beberapa tempat yang dikelola pemerintah daerah.

"Jadi kewaspadaan kita betul-betul ditingkatkan," kata dia.

Pemerintah juga menyiapkan obat-obatan serta alat pelindung diri (APD) guna mengantisipasi kenaikan kasus COVID-19. "Obat-obatan insyaallah cukup," kata Syahril.

Dalam kesempatan itu, Syahril meminta pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan untuk gencar melakukan pengetesan dan pelacakan agar kasus positif COVID-19 dapat diketahui secara riil.

"Berapa pasien yang positif agar kita bisa isolasi, karena dengan isolasi dia tidak akan menulari orang lain," katanya.

Syahril mencatat tiga provinsi yang sedang mengalami peningkatan kasus COVID-19, yakni DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

"Jadi warning kepada tiga aglomerasi ini, menjadi catatan kita harus super ketat dan betul-betul kita meningkatkan kewaspadaan bersama," kata dia.

Satuan tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 melaporkan penambahan kasus harian sebanyak 1.681 orang pada Senin (11/7/2022). Dengan penambahan itu, total kasus COVID-19 secara kumulatif di Indonesia sebanyak 6.112.986.

DKI Jakarta menyumbang tambahan kasus positif COVID-19 terbanyak, yakni 812 orang. Diikuti dengan Jawa Barat dengan 306 kasus, Banten sebanyak 249 kasus, Jawa Timur 98 kasus, Bali 74 kasus, dan Jawa Tengah 31 kasus.


Baca juga artikel terkait ANTISIPASI KENAIKAN COVID-19 atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Kesehatan)

Sumber: Antara
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight