Kemenhub Tambah Rute KA Bandara Soetta hingga Stasiun Manggarai

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 23 April 2019
Rute KA Bandara akan diperpanjang hingga Stasiun Manggarai untuk menarik penumpang lebih banyak.
tirto.id - Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zulfikri menjelaskan, saat ini tengah mengoptimalkan operasional Kereta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Strateginya, kata dia, dengan memperpanjang rute yang semula hingga Stasiun Kereta Bandara BNI City di Sudirman, akan diperpanjang hingga Manggarai pada Mei 2019 mendatang.

"Tahun ini banyak yang mau kita operasikan ada [stasiun] Manggarai, salah satunya mungkin bulan Mei untuk KA bandara," jelas dia saat ditemui di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (23/4).


Ia menjelaskan, keuntungan jalur Stasiun Manggarai dengan Kereta Bandara, yakni menambah volume penumpang yang akan pergi dengan menggunakan Kereta Bandara Seotta.

Diharapkannya, dengan beroperasinya jalur dari Stasiun Manggarai maka akan memberikan kemudahan bagi penumpang yang ingin menuju Bandara Soetta.

KA Bandara ini direncanakan sejak 2011 pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Lalu, terealisasi pada 2017 saat era Presiden Jokowi.

Kemenhub, kata dia, juga akan memperpanjang rute dengan menyelesaikan jalur-jalur KA lain. Salah satunya yaitu jalur Double Double Track (DDT) dari Stasiun Jatinegara ke Stasiun Cakung dengan total panjang 9,5 kilometer.

Pada 2019, kata Zulfikri, menargetkan DDT Jatinegara akan dapat dibangun hingga Stasiun Bekasi.

"Penyelesaian stasiun [Bekasi] juga karena ada masalah lahan. Proyek pembangunan rute KA itu kendala utama selalu masalah lahan," papar dia.


Baca juga artikel terkait KERETA BANDARA atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Zakki Amali