Kemenhub: KNKT Temui Keluarga Korban Jelaskan Kecelakaan Lion Air

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 28 November 2018
"KNKT menemui keluarga korban pesaeat Lion Air dan menjelaskan apa yang terjadi baik sebelum maupun saat terjadinya kecelakaan," ucap Budi Karya Sumardi
tirto.id -
Temuan Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah disampaikan kepada keluarga korban pesawat Lion Air JT-610. Hal itu dianggap sebagai tanggung jawab KNKT dalam hal transparansi.

"KNKT menemui keluarga korban pesawat Lion Air dan menjelaskan apa yang terjadi baik sebelum maupun saat terjadinya kecelakaan," ucap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumardi ketika ditemui di Hotel Fairmont pada Rabu (28/11/2018).

Budi menyatakan apa yang dilakukan KNKT ditujukan agar keluarga korban memahami fakta-fakta peristiwa kecelakaan tersebut.

Di samping itu, pengumuman temuan itu berkaitan dengan tanggung jawab pemerintah untuk menyampaikan informasi awal 1 bulan setelah kejadian.

"Satu bulan setelah kejadian wajib bagi KNKT untuk mengomunikasikan (temuan) kepada masyarakat," ucap Budi.

Selain itu, Budi juga menuturkan bahwa informasi yang kini diumumkan KNKT hanya berupa fakta dan belum memuat rekomendasi. Sebab, KNKT hanya menyampaikan apa yang dipahami dari Flight Data Recorder (FDR).

Pada Oktober 2018 lalu, Pesawat Boeing 737-MAX yang dioperasikan Lion Air jatuh. Seluruh 189 penumpang dan awak pesawat pun menjadi korban dalam kecelakaan tersebut.




Baca juga artikel terkait LION AIR JATUH atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Maya Saputri
Dari Sejawat
Infografik Instagram