Kemendikbud Terbangkan 1000 Guru Belajar Teknologi di Singapura

Oleh: Alfian Putra Abdi - 10 Januari 2019
"Ini untuk meningkatkan kapasitas guru-guru, terutama dalam penguasaan teknologi 4.0," ujar Muhadjir Effendy.
tirto.id - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia akan mengirimkan 1000 guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ke Siangapura. Hal tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas tenaga pengajar dalam penguasaan teknologi 4.0.

"Target kami seribu guru, khususnya SMK dapat belajar di sana [Singapura] tahun ini untuk meningkatkan kapasitas guru-guru, terutama dalam penguasaan teknologi 4.0," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy melalui siaran resminya, Kamis (10/1/2019).

Oleh sebab itu, Kemendikbud menerima kunjungan Menteri Pendidikan Singapura Ong Ye Kung di Kantornya, Senayan, Jakarta Selatan, pada Rabu (9/1/2019) kemarin. Dalam rangka pemantapan hubungan kerja sama kedua belah negara yang sudah digagas sejak tahun 2017 lalu tersebut.

Nantinya akan terdapat beberapa hal yang menjadi fokus kerja sama, di antaranya, pengembangan bahasa, pengembangan guru dan tenaga kependidikan, pengembangan pendidikan anak usia dini, pengembangan pendidikan menengah dan pengembangan pendidikan kejuruan.

Ia pun menuturkan, tujuan kerja sama ini untuk membangun ikatan antara generasi muda dan mempromosikan pemahaman yang lebih kuat tentang budaya, masyarakat, dan bahasa masing-masing negara.

Baca juga artikel terkait PENDIDIKAN atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight