Kemendikbud Target Penerapan UNBK 100 Persen pada 2020

Oleh: Alfian Putra Abdi - 8 Mei 2019
Kemendikbud akan mengandeng Kemenkominfo dan dinas pendidikan masing-masing daerah untuk merealisasikan 100 UNBK pada 2020.
tirto.id - Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud, Totok Suprayitno mentargetkan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mencapai 100 persen pada 2020.

"Kalau SMA dan SMK sudah hampir 100 persen UNBK. Nanti SMP, mudah-mudahan tahun depan bisa 100 persen juga," ujar dia, di kantor Kemendikbud, Rabu (8/5/2019).

Merujuk data dari Kemendikbud per 15 April 2019, terdapat 103.523 sekolah yang menjalani UNBK dan 13.880 sekolah masih UN dengan Kertas Pensil (UNKP).


Sebaran SMA/MA/SMK yang mengikuti UNBK sudah mencapai rata-rata 98 persen. Sedangkan, SMP/MTs yang menggelar UNBK berkisar 16-27 persen.

"Terus terang saya kasihan dengan mereka itu, teman-temannya sudah berbasis komputer dengan sangat nyaman menyelesaikan ujian sedangkan mereka masih menggunakan kertas," ujar dia.

Oleh karena itu, Kemendikbud akan berkoordinasi dengan dinas pendidikan masing-masing daerah untuk bisa memfasilitasi.

Selain itu, menurut Tokok, Kemendikbud juga akan berkoordinasi juga dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) untuk pengadaan sinyal di wilayah-wilayah yang selama ini kesulitan akses internet.

"Sehingga tahun depan kendala akses internet sudah tidak ada lagi. Tinggal persoalan penyediaan fasilitas komputer saja di sekolah-sekolah," kata dia.



Baca juga artikel terkait UNBK 2019 atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Pendidikan)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Zakki Amali
DarkLight