Kemendagri Buka Posko Bantuan Dokumen Kependudukan Korban Tsunami

Oleh: Riyan Setiawan - 26 Desember 2018
Kemendagri akan meninjau ke lapangan dan berkoordinasi dengan Pemda setempat untuk mengidentifikasi korban tsunami Selat Sunda.
tirto.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mengaku akan membuka tiga posko untuk melayani penerbitan dokumen kependudukan bagi korban Tsunami Selat Sunda yang berada di wilayah Banten.

Sedangkan untuk posko di wilayah Lampung, Tjahjo mengatakan akan menyusul besok, Kamis (27/12/2018).

"Ada tiga, kemudian besok Lampung nyusul, kemudian saya besok juga akan menyusul ngecek pos-pos. Minimal tupoksi kami masing-masing," ujarnya di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Rabu (26/12/2018).

Ia menjelaskan Kemendagri akan meninjau ke lapangan dan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat untuk mengidentifikasi korban tsunami Selat Sunda.

"Identifikasi itu penting untuk menerbitkan dokumen kependudukan," ucap Tjahjo.

Mendagri juga menjelaskan, setiap korban yang meninggal dunia dan telah teridentifikasi, akan langsung diterbitkan akta kematian oleh Tim dari Direktorat kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

"Penerbitan akte kematian bagi korban meninggal yang telah teridentifikasi sebagai wujud kehadiran pemerintah di tengah masyarakat," kata Tjahjo.



Baca juga artikel terkait TSUNAMI SELAT SUNDA atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight