Kemenag Rilis Surat Yasin Online & Aplikasi Mushaf Quran Daring

Oleh: Febriansyah - 23 Maret 2020
Surat Yasin onlinea tersedia di web maupun di aplikasi (Android dan IOS) Quran Kemenag
tirto.id - Ketika ziarah, umat muslim kerap membaca doa ayat kursi dan Surat Yasin. Namun, bagi Anda yang tidak membawa surat yasin cetak ketika berziarah, Kemenag menyediakan Surat Yasin yang dapat dibaca secara online dari telepon genggam atau gawai lainnya.

Surat Yasin online ini tersedia di web maupun di aplikasi (Android dan IOS) Quran Kemenag yang menyediakan Al-Qur'an dalam bentu digital.

Quran Kemenag adalah aplikasi Mushaf Al-Qur'an digital yang dibuat oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran Balitbang dan Diklat, Kementrian Agama. Aplikasi ini disediakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan kebutuhan membaca Al-Qur'an.

Ayat Al-Qur’an dalam aplikasi ini menggunakan Mushaf Standar Indonesia Rasm Usmani yang cara penulisan teks, harakat, tanda baca, dan tanda waqafnya sudah disepakati dalam Musyawarah Kerja (Muker) Ulama Al-Qur’an yang berlangsung sebanyak 9 kali dari tahun 1974 hingga 1983.

Mushaf ini juga sudah dijadikan pedoman bagi berbagai kitab Al-Qur’an yang dicetak dan diterbitkan di Indonesia. Mushaf standar ini akan ditemukan lebih banyak dalam Quran Kemenag versi website

Di samping menyajikan teks Al-Qur'an lengkap 30 juz, aplikasi ini juga dilengkapi dengan terjemahan, tafsir dalam dua varian yaitu tahlili dan ringkas, serta dilengkapi dengan suara murattal Al-Qur'an Syekh Mahmud Khalil al-Husairy.

Dilansir NU Online keberadaan Al-Qur’an digital di smartphone ini juga tidak hanya berisikan bacaan atau tulisan Al-Qur’an, terjemahan, beragam tafsir, dan audio murattal. Tetapi, aplikasi ini akan membantu keperluan ibadah lainnya seperti azan, waktu shalat, kalender Hijriah, arah kiblat, share ayat harian, news feed, produk halal, zakat, dan lain-lain.

Namun, aplikasi ini menurut Kemenag akan terus dikembangkan demi memenuhi kebutuhan ibadah. Kemenag menggarisbawahi sejumlah catatan perbaikan, baik yang berasal dari user maupun dari pengembang Al-Qur’an Android.




Baca juga artikel terkait KEMENAG atau tulisan menarik lainnya Febriansyah
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Febriansyah
Penulis: Febriansyah
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight