Kemdikbud Sosialisasi BOS Afirmasi-Kinerja via Youtube 10 September

Oleh: Addi M Idhom - 8 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Kemendikbud akan menyiarkan sosialisasi mengenai dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja secara live streaming di Youtube pada 10 September 2020.
tirto.id - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menayangkan webinar di Youtube untuk menyosialisasikan petunjuk teknis (juknis) pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Afirmasi dan BOS Kinerja.

Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah akan menggelar webinar ini melalui aplikasi Zoom dan menyiarkannya langsung via Youtube pada Kamis (10/9/2020), pukul 08.00-12.00 WIB.

Live streaming webinar tersebut akan disiarkan kanal Youtube resmi milik Ditjen PAUD Dikdasmen. Untuk mengakses live streaming sosialisasi BOS Afirmasi dan BOS Kinerja ini bisa klik link ini.

Webinar di Youtube ini akan membahas topik kebijakan BOS Afirmasi dan BOS Kinerja; mekanisme pengawasan, penyaluran dan penggunaan dana BOS (reguler, afirmasi, kinerja); serta ketentuan dalam implementasi, pelaporan, dan penetapan penerima BOS Afirmasi/BOS Kinerja.

Dalam siaran resminya, Ditjen PAUD Dikdasmen menyatakan webinar ini dilaksanakan karena ada banyak sekolah maupun pemerintah daerah yang meminta informasi mengenai cara mendapatkan dana BOS Afirmasi atau BOS Kinerja, syarat dan kriteria penerima, serta arah penggunaannya.

"Hal ini menjadi isu penting yang perlu disampaikan kepada sekolah, pemda dan masyarakat pada umumnya," tulis Ditjen PAUD Dikdasmen dalam siaran persnya yang diterima Tirto pada Selasa, 8 September 2020.

Pembiayaan kegiatan pendidikan memakai dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja adalah kebijakan Kemendibud yang diterapkan mulai 2019. Dana BOS Afirmasi dikucurkan untuk sekolah-sekolah di daerah khusus. Sedangkan dana BOS Kinerja diberikan sebagai penghargaan untuk sekolah yang berhasil meningkatkan mutu kegiatan pendidikannya.

Berdasarkan data Ditjen PAUD Dikdasmen, dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja periode 2020 telah disalurkan kepada 56.115 sekolah. Total nilainya sebesar Rp3,2 triliun.

Ditjen PAUD Dikdasmen menilai pengelolaan dana triliunan rupiah tersebut perlu dilakukan dengan strategi yang tepat dan melibatkan pengawasan yang berjalan baik.

Oleh sebab itu, sosialisasi via Youtube pada 10 September 2020 mendatang akan diisi pula dengan sesi khusus untuk mengulas strategi penggunaan dan pengawasan BOS Afirmasi maupun Kinerja pada masa pandemi Covid-19.

"Harapannya dengan webinar ini sekolah mampu memetakan perencanaan dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja sesuai kebutuhan sekolah, menjalankan perencanaan sesuai target capaian, dengan memegang prinsip akuntabel, efektif, efisien dan transparan," tulis Ditjen PAUD Dikdasmen.

"Selain itu, diharapkan tidak ada lagi kebingungan dan mis-informasi dalam pengelolaan dan penyelenggaraan dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja di Sekolah."

Webinar sosialisasi BOS Afirmasi dan BOS Kinerja ini akan dihadiri 3 narasumber utama. Ketiganya ialah Inspektur Jenderal Kemendikbud Chatarina Muliana Girsang, Dirjen PAUD Dikdasmen Jumeri dan Sekretaris Ditjen PAUD Dikdasmen Sutanto.


Baca juga artikel terkait DANA BOS atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Pendidikan)

Sumber: Siaran Pers
Penulis: Addi M Idhom
Editor: Agung DH
DarkLight