BWF World Championships 2019

Kejuaraan Dunia BWF 2019: Fajar-Rian vs Ahsan-Hendra di Semifinal

Oleh: Oryza Aditama - 24 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil perempat final Kejuaraan Dunia BWF atau Badminton World Championships 2019: terjadi duel sesama atlet Indonesia di semifinal antara Ahsan/Hendra vs Fajar/Rian.
tirto.id - Indonesia sukses menyegel satu tiket final ganda putra di Kejuaraan Dunia BWF 2019. Kepastian tersebut diperoleh dengan bakal bertemunya duet Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan melawan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di semifinal.

Kedua wakil Merah Putih tersebut sukses memetik hasil positif dalam laga perempat final di St. Jakobshalle Basel, Swiss, Jumat malam (23/8/2019) waktu setempat, atau Sabtu dini hari (24/8/2019) waktu Indonesia.

Ahsan/Hendra yang berlaga di court-1 lebih dahulu menyabet tiket semifinal dengan mengandaskan wakil Taiwan, Liao Min Chun/Su Ching Heng. Ganda senior berstatus unggulan ke-4 tersebut menang straight game dalam tempo 41 menit.

Gim pertama dilalui Ahsan/Hendra dengan cukup nyaman. Sempat unggul jauh 18-12, pasangan peraih dua kali gelar Juara Dunia tersebut menutup gim pertama dengan skor 21-17. Sementara gim kedua berjalan lebih ketat. Hanya berselisih satu angka di saat poin kritis, Ahsan/Hendra akhirnya menang dengan 21-19.

“Lawan nggak mudah, tiga kali ketemu juga kami selalu ramai. Tadi kami intinya fokus dari awal. Terapin mainnya kami dulu,” ujar Hendra selepas laga, dikutip dari laman PBSI, Sabtu (24/8).

“Mungkin sudah ketinggalan, jadi mereka lebih lepas dan mereka jadi tambah percaya diri. Sementara kami agak ketekan dari game keduanya. Tapi untung kami bisa kembali lagi, bisa fokus lagi,” imbuh Ahsan.



Sementara itu, dalam laga penutup court-2, Fajar/Rian juga sukses membukukan kemenangan dua set langsung atas wakil Korea Selatan, Choi Solgyu/Seo Seung Jae.

Fajar/Rian yang tampil menekan sejak awal permainan, mampu unggul 11-8 saat interval gim pertama. Ganda putra unggulan ke-7 tersebut menutup gim pembuka dengan skor 21-13.

Memasuki gim kedua, pertarungan berjalan alot. Kali ini Fajar/Rian lebih sering tertinggal dalam perolehan angka. Akan tetapi peraih medali perak Asian Games 2018 tersebut mampu mengambil momentum pada akhir laga. Skor 21-17 menyudahi pertandingan untuk kubu Indonesia.

Potensi sengitnya laga Ahsan/Hendra vs Fajar/Rian di semifinal sektor ganda putra kemungkinan besar bakal tercipta. Pasalnya pertemuan terakhir kedua pasangan di ajang German Open 2018, berakhir dengan skor ketat. Saat itu Fajar/Rian menang straight game dengan skor 22-20 dan 22-20.

Kontingen Indonesia juga memiliki tambahan satu tiket semifinal, lewat sumbangan ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Pasangan unggulan ke-5 itu sukses menumbangkan ganda Cina unggulan ke-4, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan di babak 8 besar.

Baca juga artikel terkait BWF 2019 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight