BWF World Championships 2019

Kejuaraan Dunia BWF 2019: Ahsan-Hendra Tekuk Fajar-Rian, ke Final

Oleh: Oryza Aditama - 25 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil semifinal BWF World Championshios 2019: Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan lolos ke final Kejuaraan Dunia BWF 2019 setelah menaklukkan kompatriot mereka, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.
tirto.id - Ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berhasil menekuk kompatriot mereka sendiri Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, untuk menyegel satu tempat di final BWF World Championships 2019.

Melakoni pertarungan semifinal Kejuaraan Dunia BWF 2019 di St. Jakobshalle Basel, Swiss, pada Sabtu malam (24/8/2019) waktu setempat atau Minggu dini hari (25/8/2019) waktu Indonesia, Ahsan/Hendra menang rubber game 21-16, 15-21, dan 21-10, dalam waktu 47 menit.

Ahsan/Hendra yang juga berstatus sebagai unggulan ke-4, tampak kerepotan pada awal gim pertama. Mereka selalu tertinggal dalam perolehan poin hingga masa interval 9-11.

Situasi berbalik selepas jeda. Berkat beberapa kali torehan angka beruntun, ganda senior tersebut sanggup membalikkan keadaan. Hingga menutup set pertama lewat keunggulan 21-16.

Fajar/Rian tak mau kalah begitu saja dari seniorn mereka. Memasuki set kedua, pasangan unggulan ke-7 itu mulai bangkit. Keunggulan 6-11 saat jeda mampu mereka tuntaskan dengan skor 15-21 pada akhir set kedua.

Set penentuan menjadi anti klimaks bagi duet Fajar/Rian. Sejak dimulainya perburuan poin, Ahsan/Hendra selalu memimpin kedudukan. Pasangan senior peraih dua kali gelar juara dunia itu unggul 11-6 saat jeda.

Usai rehat pertarungan berjalan semakin timpang. Ahsan/Hendra kian nyaman dalam mendulang angka. Diwarnai gelontoran delapan angka beruntun, mereka berhasil mengakhiri pertarungan dengan skor 21-10.



Kemenangan Ahsan/Hendra sekaligus membalas kekalahan dari junior mereka itu pada pertemuan terakhir di semifinal German Open 2018.

“Syukur alhamdulillah, kami bisa lolos dari pertandingan semifinal tadi. Pertandingan memang nggak mudah. Karena selain beradu teknik, kami ada pertarungan mental juga sama mereka. Karena sama-sama nggak mau kalah,” terang Mohammad Ahsan selepas laga, dikutip dari laman PBSI, Minggu (25/8).

Dalam laga final Kejuaraan Dunia BWF 2019 yang akan dihelat hari Minggu (25/8), Ahsan/Hendra akan menghadapi wakil Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi. Ganda unggulan ke-12 itu secara mengejutkan berhasil menumbangkan juara bertahan asal Cina, Li Jun Hui/Liu Yu Chen di semifinal.

Untuk menghadapi laga pamungkas nanti, Ahsan/Hendra menitikberatkan kepada faktor mental dan fokus pertandingan. Mereka juga berserah kepada Yang Kuasa demi menuai hasil positif.

“Yang pasti buat final Kejuaraan Dunia ini yang disiapkan itu mentalnya. Yang penting berani dan fokus dari awal. Hasilnya kami serahkan Kepada Yang Di Atas,” ujar Hendra.

“Persiapannya banyak-banyakin doa saja dan istirahat yang cukup,” imbuh Ahsan.

Baca juga artikel terkait BWF WORLD CHAMPIONSHIPS 2019 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight