Kejuaraan Dunia Badminton 2019: PBSI Pasang Target 1 Gelar Juara

Oleh: Oryza Aditama - 13 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
PBSI memasang target 1 gelar juara di BWF World Championships 2019.
tirto.id - PBSI melalui Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi, Susi Susanti, menyatakan target satu gelar juara di Kejuaraan Dunia Bulutangkis (BWF World Championships) 2019. Kejuaraan itu sendiri rencananya akan digelar pada 19-25 Agustus 2019 di St. Jakobshalle, Basel, Swiss.

Kendati tak memberikan penekanan khusus terhadap salah satu sektor yang dipertandingkan, Susi tak menampik jika Indonesia berpeluang cukup besar di nomor ganda putra. Pasalnya, terjadi all Indonesian final di nomor tersebut dalam gelaran Indonesia Open 2019 dan Japan Open 2019.

“Targetnya satu gelar dulu, dari sektor mana saja. Peluang paling besar memang ada di ganda putra,” ujar Susi, seperti dikutip dari laman PBSI, Senin (12/8/2019).

Namun, Susi juga tak menutup kemungkinan adanya kejutan dari sektor ganda campuran dan tunggal putra.

“Tapi kemarin di Jepang (Japan Open) ada ganda campuran, ada tunggal putra, semoga mereka nanti bisa kasih kejutan juga, prestasinya lebih stabil lagi,” imbuh peraih medali emas Olimpiade 1992 tersebut.

Tak hanya itu, Susi juga menaruh perhatian terhadap sektor ganda putri yang belakangan terkesan hanya mengandalkan Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Ia berharap agar ganda putri lainnya mampu berbuat banyak dan tidak hanya sekedar menjadi partisipan saja.

“Lalu untuk sektor putri kami harapkan ada peningkatan dari sebelumnya. Di ganda putri juga kami harapkan bukan cuma Greysia/Apriyani saja. Tapi pemain yang diturunkan bisa memberikan kejutan dan prestasi, bukan cuma datang meramaikan saja,” terang Susi.

PBSI juga mengabarkan jika skuad Merah Putih akan bertolak menuju Basel, Swiss, pada hari Rabu (14/8/2019) pukul 21.00 WIB.



Di gelaran BWF World Championships 2019 secara keseluruhan skuad Merah Putih memiliki 16 wakil, dengan daftar lengkap sebagai berikut.

Tunggal Putra
Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Tommy Sugiarto

Tunggal Putri
Gregoria Mariska Tunjung, Fitriani

Ganda Putra
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Berry Angriawan/Hardianto, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Ganda Putri
Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta, Jauza Fadhila Sugiarto/Yulfira Barkah.

Ganda Campuran
Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Ronald/Annisa Saufika.

Baca juga artikel terkait BWF WORLD CHAMPIONSHIPS 2019 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight