Kejagung Diminta Tangkap Pihak yang Lindungi Surya Darmadi

Reporter: Fatimatuz Zahra, tirto.id - 15 Agu 2022 12:58 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Pemerintah diminta tak kalah dengan koruptor. Jika perlu, aparat penegak hukum harus menjemput Surya Darmadi di negara yang menjadi tempat persembunyiannya.
tirto.id - Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Demokrat, Santoso, mendesak Kejaksaan Agung untuk menangkap para pihak yang diduga turut melindungi Surya Darmadi selama buron.

"Tindakan yang dilakukan oleh Kejagung jangan hanya menyita aset-aset SD (Surya Darmadi) tapi juga menangkap pihak-pihak yang melindungi dia selama ini sampai bebas melakukan kejahatan korupsi dengan waktu yang lama sehingga negara dirugikan mencapai 70 triliun," kata Santoso dalam keterangan tertulisnya, Senin (15/8/2022).

Selain itu, terkait desas desus kepulangan Surya Darmadi, Susanto juga mendesak pemerintah untuk tidak mengalah dengan koruptor. Ia mengatakan bahwa pemerintah dapat melakukan upaya penjemputan paksa terhadap Surya Darmadi.

"Pernyataan pengacara SD bahwa SD siap pulang itu menandakan bahwa SD saat ini memang ada di luar negeri. Negara tidak boleh kalah dengan koruptor, kalau perlu pemerintah dalam hal ini Kejagung menjemput SD seperti yang pernah dilakukan pada penangkapan Nazaruddin di Colombia & Syamsul Nursalin di Australia," jelas Santoso

Ia juga mendesak pemerintah untuk jujur menyampaikan informasi tentang Surya Darmadi termasuk terkait pelacakan keberadaannya. Pasalnya, Santoso menilai pencarian Surya Darmadi seharusnya bukan perkara sulit bagi pemerintah Indonesia.

"Pemerintah harus jujur menyampaikan kepada publik SD itu saat ini ada di mana, Itu sangat gampang dilacak dengan teknologi yang dimiliki oleh imigrasi yang terkoneksi ke seluruh negara kecuali Taiwan & Israel karena kita tidak punya perwakilan di kedua negara tersebut," ucap Santoso.

Sebelumya, Kabar kepulangan Surya Darmadi disampaikan oleh kuasa hukumnya, Juniver Girsang. Juniver menyebut Surya akan langsung mendatangi tim penyidik untuk menjelaskan seluruh dugaan tindak pidana yang dituduhkan kepadanya.

"Pak Surya Darmadi akan mendatangi penyidik untuk memberikan klarifikasi dan siap mengikuti seluruh proses hukum yang berjalan," kata Juniver Girsang, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 13 Agustus 2022.

Sementara itu, Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman mendapat informasi bahwa diduga Surya Darmadi berada di Cina. Ia akan pulang ke Indonesia pada hari ini.


Baca juga artikel terkait SURYA DARMADI atau tulisan menarik lainnya Fatimatuz Zahra
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Fatimatuz Zahra
Penulis: Fatimatuz Zahra
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight