Keberatan Koran Sindo atas Judul artikel Tirto.id soal ISIS

Oleh: Fahri Salam - 15 Mei 2019
Koran Sindo mengajukan hak jawab atas laporan kami tentang Ustaz Ganna, simpatisan ISIS, yang pergi ke Suriah.
tirto.id - Berikut poin-poin hak jawab dari Koran Sindo:

1. Koran Sindo keberatan dengan judul pada artikel yang dimuat tirto.id pada 14 Mei 2019. Judul laporan tersebut: “Ustaz Ganna Pryadharizal, Algojo ISIS Eks Wartawan Sindo”.

Judul artikel itu kami anggap tendensius karena pelabelan brand Sindo pada sosok Ustaz Ganna. Padahal, masih banyak identias Ustaz Ganna lain yang bisa digunakan dalam judul. Apalagi, tidak ada konfirmasi kepada pihak Koran Sindo sebagai kaedah jurnalistik.

2. Ustaz Ganna memang pernah bekerja sebagai wartawan Koran Sindo. Namun, setelah satu tahun lebih, yang bersangkutan memilih mundur dari Koran Sindo. Sehingga tidak ada hubungan profesional lagi sejak yang bersangkutan memutuskan resign dari Koran sindo .

3. Koran Sindo berharap semua pihak bisa menjaga tata krama hubungan organisasi sehingga tercipta sinergi dan kolaborasi yang baik.

4. Koran Sindo sebagai media cetak nasional menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila. Kami menolak penyebaran dan gerakan radikalisme. Dan tidak berafiliasi ke kelompok atau gerakan radikalisme.

Djaka Susila
Pemimpin Redaksi Koran Sindo

====

Jawaban:

Redaksi Tirto sama sekali tidak menyebut korelasi Koran Sindo dengan aksi terorisme, melainkan sebatas menampilkan fakta bahwa Ganna Pryadharizal pernah menjadi wartawan di Koran Sindo.

Baca juga artikel terkait HAK JAWAB atau tulisan menarik lainnya Fahri Salam
(tirto.id - Hukum)


Penulis: Fahri Salam
Editor: Nurul Qomariyah Pramisti