Kebakaran RSJD Surakarta: 2 Pasien Tewas hingga Respons Ganjar

Sumber: Antara, tirto.id - 6 Agu 2022 08:40 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Polisi masih melakukan penyelidikan terkait kebakaran RSJD Surakarta. Jika ditemukan kelalaian maka akan diproses pidana.
tirto.id - Kebakaran terjadi di Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Surakarta, Jawa Tengah, pada Jumat 5 Agustus 2022. Akibat insiden itu sebanyak dua orang meninggal dunia dan tiga orang luka-luka.

Adapun lokasi yang terbakar yakni ruang Puntadewa. Ruang itu merupakan tempat isolasi perawatan intensif psikiatri.

"Dua korban meninggal ini menempati ruang isolasi saat kejadian kebakaran," ucap Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak dilansir dari Antara pada Sabtu (6/8/2022).

Ade memastikan dua korban meninggal dunia itu ialah pasien RSJD Surakarta. Ia mengungkapkan ruang isolasi merupakan tempat khusus bagi pasien yang dilengkapi dengan pagar teralis.

Di ruang Puntadewa yang dilanda kebakaran itu, lanjut dia, terdapat tiga ruang isolasi.

"Dari tiga ruangan, dua di antaranya ditempati pasien," ungkap Ade.

Kedua korban tewas diduga terjebak dan tidak berhasil diselamatkan oleh petugas jaga rumah sakit.

Secara keseluruhan, kata dia, terdapat sembilan pasien yang dirawat di ruang Puntadewa ini.

Ia menjelaskan, tim Laboratorium Forensik Polda Jawa Tengah juga telah melakukan olah TKP untuk memastikan penyebab kebakaran.

Selain itu, kata dia, polisi juga melakukan penyelidikan untuk memastikan apakah terdapat unsur kelalaian dalam kejadian ini.

Sebanyak lima saksi telah dimintai keterangan, termasuk tiga petugas jaga pada saat kejadian.

Kedua pasien tersebut masing-masing Yoga Rizkiawan (33) dan Yoga Aprianto (30).

Respons Ganjar Pranowo

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengaku akan melakukan evaluasi terkait peristiwa kebakaran di RSJD Surakarta yang menewaskan dua orang pasien, serta mengakibatkan tiga pasien menderita luka bakar.

"Pasti akan langsung dilakukan evaluasi, maka kalau diketahui penyebabnya segera dilakukan tindakan dan bisa menjadi pelajaran semuanya," ucapnya.

Kendati demikian, Ganjar ingin mengetahui penyebab kebakaran RSJD Surakarta terlebih dulu sebelum mengambil tindakan selanjutnya guna kepentingan evaluasi.

Menurut dia, penyelidikan peristiwa kebakaran RSJD Surakarta masih dilakukan oleh kepolisian sehingga jajaran direksi diminta agar mensterilkan sekitar lokasi kebakaran.

"Kepolisian sedang menyelidiki penyebabnya, nanti saya akan ke sana tapi tadi dari direksi sudah menyampaikan dan saya minta semuanya disterilkan lebih dulu agar polisi bisa menyelidiki," ujarnya.

Terkait dengan dua korban meninggal dunia, Ganjar masih menunggu laporan detilnya dari pihak RSJD Surakarta.

"Saya masih menunggu laporan, identitasnya belum disampaikan ke saya," tutup politikus PDI Perjuangan itu.


Baca juga artikel terkait KEBAKARAN RSJD SURAKARTA atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Hukum)

Sumber: Antara
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight