Kawasan Wisata Monas dan Ragunan Tutup pada Hari Pertama Idulfitri

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 5 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Ragunan dan Monas tutup pada hari pertama Lebaran 2019. Sejumlah pengunjung tidak tahu kedua kawasan wisata itu ditutup.
tirto.id - Kawasan wisata Tugu Monumen Nasional (Monas) tutup pada hari pertama libur Idulfitri 1440 Hijriah yang jatuh pada Rabu (5/6/2019). Beberapa pengunjung mengungkapkan kekecewaannya.

"Saya berniat mengajak anak dan keponakan ke Monas setelah salat Idulfitri dan silaturahmi bersama keluarga. Ternyata Monas tutup," kata Rahmad Setiawan, warga Kebayoran Lama, saat ditemui di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Rahmad mengatakan, pada Idulfitri 1440 H kali ini, dia menjadi tuan rumah untuk silaturahmi keluarga besarnya. Karena itu, sanak saudaranya dari beberapa kota datang ke Jakarta untuk berlibur.

Dia sudah merencanakan mengajak anak dan keponakan-keponakannya ke Monas pada hari pertama Idulfitri, karena dia menilai Monas sebagai tempat wisata murah meriah dan memiliki nilai pendidikan.

Monumen Nasional salah satu bangunan tertinggi di Jakarta, bahkan di Indonesia; dari pelataran paling atas, orang bisa menyapu pemandangan atas Jakarta.

"Saya tidak tahu kalau seluruh tempat wisata yang dikelola pemerintah Provinsi DKI Jakarta tutup pada hari pertama Idulfitri," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Umar, warga Condet. Sebagai warga asli Jakarta, dia memang tidak mudik ke luar Jakarta karena keluarga besarnya tinggal di Jakarta.

"Karena itu saya mengajak anak-anak ke Monas. Karena tutup, akhirnya hanya naik delman saja, lalu nanti jalan-jalan saja keliling kota. Mumpung jalanan Jakarta sepi," katanya.

Delman yang ada di sekeliling Monas akhirnya menjadi pilihan pengunjung yang kecewa karena Monas ditutup. Hal itu mendatangkan rezeki bagi para kusir delman.

"Lumayan lah. Sampai siang ini sudah dapat lima tarikan. Mudah-mudahan sore nanti lebih ramai," ujar Eko, salah satu kusir delman.

Selain kawasan wisata Monas, Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan juga tutup untuk pertama kalinya di hari pertama Idulfitri 1440 H.

Salah satu pengunjung bernama Wanto mengaku tidak mengetahui TMR tutup pada hari pertama Lebaran.

"Saya tidak tahu kalau ternyata tutup. Padahal sudah ngajak anak-anak juga," kata dia yang ditemani istri dan kedua anaknya.

Senada dengan Wanto, Ruri dan adiknya juga datang ke kawasan ini kendati kebun binatang tersebut tidak beroperasi.

"Memang sudah niat ke sini pas hari H, tapi tutup. Ya sudah lah, kita foto-foto di depan saja, habis itu balik pulang lagi ke Kalibata," ujar Ruri.

Usai berswafoto, para pengunjung kemudian bertolak kembali ke kediaman masing-masing dan berencana akan kembali lagi esok hari.

"Iya, mungkin besok ke sini lagi," kata Ruri.

Tutupnya kebun binatang ini didasari oleh Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 63 Tahun 2018 terkait dengan optimalisasi kegiatan dan penanganan pengunjung di tempat-tempat wisata pada hari-hari tertentu.

TMR mengikuti aturan baru yang dibuat Gubernur Anies Baswedan, destinasi wisata milik atau dikelola DKI diliburkan pada hari pertama lebaran.

Kendati demikian, TMR akan kembali beroperasi pada hari kedua Lebaran yakni pada Kamis, 6 Juni 2019, dengan jam operasional pukul 07.30 hingga 16.00 WIB.

Harga tiket masuk Ragunan pada saat libur hari raya Idul Fitri tetap sama dengan hari-hari biasa, yakni Rp4.000 untuk dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak. Tiket dapat dibeli melalui transaksi elektronik menggunakan Jakcard.


Baca juga artikel terkait IDULFITRI 2019 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Maya Saputri
DarkLight