Kata Kakao M Soal Lagu Kpop Hilang di Spotify & Idol yang Terhapus

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 1 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
Mengapa lagu Kpop hilang dari Spotify? Ini penjelasan Kakao M.
tirto.id - Lagu-lagu Kpop yang didistribusikan Kakao M menghilang dari Spotify. Kakao M telah mengeluarkan pernyataan sebagai tanggapan atas klaim Spotify tentang berakhirnya perjanjian lisensi global mereka.

Pada Senin (1/3/2021), Spotify membuat pernyataan resmi yang menjelaskan mengapa ratusan lagu K-pop tiba-tiba menghilang dari platform.

Perusahaan tersebut menyatakan meskipun telah melakukan upaya terbaik selama satu setengah tahun terakhir, Spotify tidak berhasil memperbarui perjanjian lisensi global mereka dengan Kakao M, yang menyebabkan penghapusan semua musik yang didistribusikan oleh label besar Korea tersebut.

Namun, di hari yang sama, Kakao M menanggapi klaim Spotify tersebut. Kakao M menyatakan bahwa Spotify-lah yang memilih untuk tidak memperbarui perjanjian mereka, bahkan setelah ada permintaan dari pihak Kakao M.

Perusahaan juga mengklarifikasi bahwa mereka masih dalam proses negosiasi apakah lagu-lagu dari Kakao M akan tersedia di Spotify versi Korea Selatan — dan bahwa kedaluwarsa perjanjian lisensi global mereka sepenuhnya terpisah dan tidak terkait.

Spotify juga mendukung klaim khusus ini dalam pernyataannya sendiri pada hari sebelumnya.

“Tidak terkait dengan perjanjian lisensi global kami yang sudah ada sebelumnya dengan Spotify, Kakao M telah melakukan negosiasi terpisah dengan Spotify mengenai kontrak domestik untuk penyediaan musik,” kata Kakao M, seperti dikutip Soompi.

“Tidak terkait dengan kontrak domestik, yang masih kami negosiasikan, kami menerima secara terpisah pemberitahuan berakhirnya lisensi kami pada 28 Februari, dan kami meminta perpanjangan kontrak global kami.”

“Karena kebijakan Spotify bahwa mereka harus melanjutkan kontrak domestik dan global pada saat yang sama, kontrak global kita saat ini telah habis,” lanjut Kakao M.

Saat ini, Kakao M dan Spotify sedang bernegosiasi soal ketersediaan lagu-lagu Kpop untuk Spotify versi Korea Selatan.

Daftar Idol yang Hilang dari Spotify


Dalam pernyataan yang diberikan kepada NME, juru bicara Spotify mengonfirmasi lagu-lagu Kpop dari Kakao M tidak lagi tersedia untuk pengguna di seluruh dunia mulai 1 Maret 2021 "karena lisensi kami telah berakhir".

"Kami telah bekerja dengan KakaoM selama satu setengah tahun terakhir untuk memperbarui perjanjian lisensi global, sehingga musik dari artis mereka akan tetap tersedia bagi 345 juta+ pendengar Spotify di hampir 170 pasar di seluruh dunia," kata Spotify.

Mereka menambahkan, "Terlepas dari upaya terbaik kami, kesepakatan lisensi yang kami miliki dengan KakaoM (yang mencakup semua negara selain Korea Selatan) telah berakhir."

Beberapa artis yang terpengaruh oleh masalah ini, termasuk IU, Cherry Bullet, Cravity, GFriend, Mamamoo, CL, Nu’est, dan banyak lagi, berikut beberapa di antaranya:
Wei
Kim Wooseok
The Boyz
d1ce
Bibi
Minseo
IU
Victon
Pink fantasy
Epik high
Cherry bullet
Oneus
e'last
Cravity
Giriboy
June
Kim sunggyu
Bae173
Moonbyul
DPR live
Eh3n
woo!ah!
Hyolyn
Code kunst
Drippin
Jannabi
Jukjae
SEVENTEEN,
MONSTA X
Apink
Sunmi
(G)I-DLE
LOONA
SF9
HyunA
4Minute
VIXX
INFINITE
Dreamcatcher
MOMOLAND
ASTRO
Zico
Block B
BEAST
Jessi
WJSN
AOA
BTOB
Golden Child
VICTON,
Lovelyz
PENTAGON
Hyolyn
KARD
DIA
Younha
SECHSKIES, dan lain-lain.

Sementara itu, artis yang masuk ke SM Entertainment, YG Entertainment, JYP Entertainment, dan BigHit Entertainment (tidak termasuk Label BigHit) tidak terpengaruh oleh penghapusan tersebut.


Baca juga artikel terkait SPOTIFY atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Musik)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight