Kasus Pengaturan Skor: Satgas Tangkap Nurul Safarid di Garut

Oleh: Adi Briantika - 8 Januari 2019
Kabar terbaru dari kasus pengaturan skor, Satgas Anti-Mafia Sepakbola menangkap wasit Nurul Safarid.
tirto.id - Satgas Anti-Mafia Sepakbola menangkap lagi satu tersangka kasus dugaan pengaturan skor pertandingan liga. Kepolisian menangkap wasit yang memimpin pertandingan klub Persibara vs PS Pasuruan di Liga 3 2018.

“Kami tangkap Senin (7/1), inisial N, saat dia berada di sarana olahraga Garut,” ujar Ketua Tim Media Satgas Anti-Mafia Sepakbola, Kombes Pol Agus Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Selasa (8/1/2019). Diketahui, N ialah wasit Nurul Safarid.

Usai menangkap, satgas mendatangi rumah Nurul untuk menggeledah dan mencari bukti yang mendukung dugaan tindak pidana yang dilakukannya. Kemudian, satgas membawa Nurul ke Polda Metro Jaya untuk pemeriksaan.

Kepolisian menemukan alat bukti dalam kasus Nurul, yakni Keterangan Saksi dari tersangka Priyanto dan tersangka Dwi Irianto, foto bukti transfer Priyanto ke Nurul, tangkapan layar percakapan antara Priyanto dan Nurul soal nomor rekening.

Nurul diduga menerima uang suap dari Priyanto dan Dwi Irianto sebesar Rp45 juta untuk memenangkan Persibara. Sebelumnya, dilakukan pertemuan pertama pada pertengahan Oktober 2018 di Hotel Central Banjarnegara.

Pertemuan itu dihadiri oleh Priyanto, Johar Lin Eng, Dwi Irianto, Anik Yuni Artikasari, Nurul Safarid, dua asisten wasit, wasit cadangan Chalid Hariyanto, dan pengamat pertandingan. “Pertemuan membahas pertandingan Persibara lawan PS Pasuruan agar perangkat pertandingan memenangkan Persibara,” ujar Argo.

Skema pembayaran ialah Priyanto memberikan uang kepada Nurul sebesar Rp45 juta dengan rincian Rp 30 juta tunai diberikan di Hotel Central, Rp10 juta diserahkan di hotel yang sama oleh Dwi Irianto setelah pertandingan usai dan Rp5 juta ditransfer oleh Priyanto dari rekening Bank Mandiri miliknya ke rekening Bank Mandiri Nurul sehari setelah pertandingan.

Imbas dari match fixing itu, Persibara menang 2-0 atas PS Pasuruan. Argo melanjutkan satgas juga akan memeriksa dua asisten wasit yang terlibat dalam pengaturan pertandingan itu. “Ya akan kami periksa,” ucap dia.

Baca juga artikel terkait PENGATURAN SKOR atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Agung DH
DarkLight