Kasus COVID-19 Varian Delta Ditemukan di Belitung

Reporter: - 19 Agustus 2021
Dibaca Normal 1 menit
Lima kasus infeksi virus Corona varian Delta ditemukan di Belitung, dua pasien di antaranya meninggal dunia.
tirto.id - Lima kasus COVID-19 varian delta atau B.1.617.2 ditemukan di Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Temuan itu diumumkan Direktur RSUD Marsidi Judono Belitung, Hendra.

"Dari enam sampel swab nasofaring yang dilakukan pemeriksaan lima sampel dinyatakan positif COVID-19 varian Delta," kata Hendra dalam keterangan pers di Tanjung Pandan, Rabu (18/8/2021).

Hendra mengatakan Satgas COVID-19 Belitung telah mengirimkan sampel usap atau swab nasofaring pasien terkonfirmasi COVID-19 untuk dilakukan pemeriksaan guna mengetahui apakah termasuk varian baru atau bukan.

Pemeriksaan dilakukan di Laboratorium Genomik Solidaritas Indonesia (GSI) sesusai ketentuan Kementerian Kesehatan yang beralamat di Jalan Kartini Cilandak, Jakarta Selatan.

Ia menambahkan kelima sampel tersebut di antaranya milik pasien berinisial TNY (32) warga Desa Air Merbau kondisi telah sembuh, SYN (45) warga Desa Air Ketekok saat ini sedang menjalani perawatan di RSUD Marsidi Judono Belitung dan milik bayi ALZ berusia dua bulan warga Desa Terong telah meninggal dunia pada 15 Juli 2021.

Selain itu, lanjut dia, sampel lainnya adalah milik NAI (44) warga Kelurahan Paal Satu telah meninggal dunia pada 20 Juli 2021 dan MRL (39) warga desa Air Saga telah meninggal dunia pada 22 Juli 2021.

"Demikian laporan yang dapat kami sampaikan mohon menjadi bahan dan data Satgas COVID-19 untuk semakin meningkatkan kerja sama, koordinasi dan kerja sama dalam penanganan COVID-19 di Belitung," kata dia.

Hingga Rabu (18/8/2021), kasus konfirmasi positif COVID-19 di Belitung berjumlah 6.640 orang. Dari jumlah itu, 5.766 telah sembuh dan 190 orang meninggal dunia.

Sementara kasus aktif atau pasien yang masih menjalani perawatan atau isolasi sebanyak 684 orang.


Baca juga artikel terkait COVID-19 VARIAN DELTA atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Kesehatan)

Sumber: Antara
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight