Kartu Kuning 8 Besar Piala Dunia 2022: Siapa Absen di Semifinal?

Kontributor: Beni Jo, tirto.id - 9 Des 2022 16:08 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Berikut adalah daftar pemain yang mendapat kartu kuning di 8 besar Piala Dunia 2022.
tirto.id - Kartu kuning 8 besar Piala Dunia 2022 mengancam sejumlah pemain. Beberapa pilar utama masing-masing tim sudah mengoleksi kartu kuning. Lalu, siapa saja yang berpeluang absen di semifinal jika menerima kartu yang sama lagi?

Babak perempat final Piala Dunia 2022 mulai digelar pada Jumat, 9 Desember 2022. Kroasia meladeni tantangan Brasil di Stadion Education City, Al Rayyan, mulai pukul 22.00 WIB.

Sabtu, 10 Desember 2022 dini hari, ada laga Belanda kontra Argentina di Stadion Lusail, kick-off pukul 02.00 WIB. Sedangkan duel Maroko vs Portugal berlangsung malam hari, pukul 22.00 WIB, di Stadion Al Thumama, Doha.


Terakhir ialah bentrok Inggris melawan Prancis di Stadion Al Bayt, Al Khor, Minggu, 22 Desember 2022, dini hari, mulai pukul 02.00 WIB.

Seluruh tim diprediksi bakal berjuang keras demi meraih kemenangan dan menyegel tiket semifinal. Terlepas dari ambisi masing-masing negara untuk lolos 4 besar, masalah kartu kuning juga menjadi ancaman tersendiri.

Sejumlah pemain utama telah mengoleksi kartu kuning. Mereka bisa saja absen dalam partai semifinal mendatang andai kembali diganjar kartu yang sama dan timnya lolos 4 besar. Namun demikian, Inggris menjadi satu-satunya negara yang paling "bersih".


Daftar Pemain Pemilik Kartu Kuning di 8 Besar Piala Dunia 2022

Dari 8 negara yang lolos perempat final, Portugal menjadi tim yang terancam kehilangan paling banyak pemain karena alasan kartu kuning. Mengutip laman resmi FIFA, A Seleção mempunyai 5 pilar yang sudah mengoleksi kartu kuning. Di antaranya ialah Danilo Pereira, Bruno Fernandes, dan Ruben Neves. Lalu Joao Felix dan Ruben Dias.

Fernando Santos sebagai arsitek Portugal selama ini mengandalkan Bruno Fernandes, Joao Felix, Ruben Dias, dan Ruben Neves. Mereka selalu masuk starting XI dalam 3 pertandingan sepanjang Piala Dunia 2022.

Artinya, A Seleção terancam mengalami kerugian besar jika para pemain tersebut kembali diganjar kartu kuning dalam babak 8 besar. Pasalnya, mereka dipastikan absen untuk semifinal dengan asumsi Portugal lolos 4 besar.


Belanda dan Kroasia menjadi tim berikutnya dengan masing-masing 4 pemain dan termasuk pilar utama. Vatreni alias Timnas Kroasia memiliki Dejan Lovren, Luka Modric, Borna Barisic, dan Mateo Kovacic dalam daftar tersebut.

Posisi Lovren, Modric, dan Kovacic selama ini tak tergantikan dalam 4 partai. Mereka selalu tampil sebagai starter pilihan Zlatko Dalić. Sebagai arsitek, Dalić pun bakal dibuat pusing andai salah satunya menerima kartu kuning lagi dan Kroasia tembus semifinal.

Sedangkan pemain Belanda yang sudah mengantongi kartu kuning ialah Matthijs de Ligt, Nathan Ake, Frenkie de Jong, serta Teun Koopmeiners. Dari nama-nama tersebut, hanya Nathan Ake dan Frenkie de Jong saja yang selama ini menjadi opsi utama Louis van Gaal bersama De Oranje.

Sementara Brasil dan Maroko menyimpan 3 pemain yang sudah mengoleksi kartu kuning. Penggawa asal A Seleção ialah Fred, Bruno Guimaraes, dan Eder Militao. Sedangkan Singa Atlas asuhan Walid Regragui menyertakan nama Sofyan Amrabat, Abdelhamid Sabiri, dan Romain Saiss.

Dari Timnas Argentina, hanya 2 pemain saja yang sudah mendapatkan kartu kuning dan bukan termasuk pilar utama, yakni Gonzalo Montiel ditambah Marcos Acuna.

Berbanding terbalik dengan Prancis, sang juara bertahan ini terancam kerugian besar jika Aurelien Tchouameni kembali menerima kartu kuning lagi dalam partai melawan Inggris.

Didier Deschamps sebagai juru taktik Les Bleus selama ini menggunakan jasa Tchouameni di lini tengah dalam 4 pertandingan sejak fase grup hingga 16 besar. Selain Aurelien Tchouameni, Prancis juga berpotensi kehilangan Jules Kounde dengan alasan yang sama.

Timnas Inggris sejauh ini menjadi yang paling bersih. Skuad The Three Lions besutan Gareth Southgate tidak ada satu pun yang menerima hukuman kartu kuning selama berlangsungnya Piala Dunia 2022 hingga babak 16 besar lalu.


Daftar Pemain Pemilik Kartu Kuning

Berikut adalah daftar pemain yang sudah mengoleksi kartu kuning. Mereka terancam absen di semifinal andai kembali mendapatkan kartu yang sama pada babak 8 besar Piala Dunia 2022.

Kroasia
  1. Dejan Lovren
  2. Luka Modric
  3. Borna Barisic
  4. Mateo Kovacic
Brasil
  1. Fred
  2. Bruno Guimarães
  3. Eder Militao
Belanda
  1. Matthijs de Ligt
  2. Nathan Ake
  3. Frenkie de Jong
  4. Teun Koopmeiners
Argentina
  1. Gonzalo Montiel
  2. Marcos Acuna
Maroko
  1. Sofyan Amrabat
  2. Abdelhamid Sabiri
  3. Romain Saiss
Portugal
  1. Danilo Pereira
  2. Bruno Fernandes
  3. Ruben Neves
  4. Joao Felix
  5. Ruben Dias
Prancis
  1. Jules Kounde
  2. Aurelien Tchouameni

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2022 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Alexander Haryanto

DarkLight