Karier Taylor Swift: Deretan Prestasi dan Penghargaannya

Oleh: Alexander Haryanto - 16 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pada 13 Desember 2019 lalu, usia Taylor Swift kini genap 30 tahun.
tirto.id - Taylor Swift barangkali adalah salah satu penyanyi yang tak habis-habisnya diperbincangkan. Baru saja berulang tahun pada 13 Desember lalu, usianya kini genap 30 tahun. Sontak, hari raya itu pun turut diucapkan oleh penggemarnya dan membuat tagar #HappyBirthdayTaylor ramai di Twitter.

Belum lama ini, Taylor Swift juga menjadi musikus dengan penghasilan tertinggi pada 2019 versi majalah Forbes. Dilansir NME, Taylor Swift menghasilkan 185 juta dolar AS dalam penghasilan sebelum pajak dari bulan Juni 2018 hingga Juni 2019.

Sebagian besar pendapatan Taylor Swift datang dari kontrak rekaman baru, serta serangkaian tur konser "Reputation", yang dianggap sebagai tur terlaris dalam sejarah Amerika Serikat.

Pencapaian ini adalah kedua kalinya dalam lima tahun terakhir bagi Swift menduduki puncak daftar sebagai musikus dengan bayaran tertinggi. Terakhir kali Swift meraihnya pada tahun 2016 lalu ketika penghasilan sebelum pajaknya 170 juta dolar AS.

Selain itu, Taylor Swift juga berhasil meraih enam penghargaan American Music Awards (AMA) 2019. Atas hal itu, Taylor pun menyandang gelar artis terbanyak peraih penghargaan itu dalam dekade ini dengan total 29 piala AMA.

Taylor bahkan berhasil menggeser dan melampaui posisi Michael Jackson yang sebelumnya meraih 24 piala AMA, demikian seperti dilansir dari The Guardian. Penghargaan yang Taylor raih itu, seperti Artist of the Decade, Album Favorit Pop/Rock, Favorite Music Video, Favorite Female Artis dan Favorite Artis.


Saat ia dinobatkan sebagai artis terbaik tahun ini, Taylor mengatakan bahwa tahun ini merupakan titik tertinggi sekaligus terendah dalam hidupnya. Dalam pidatonya di AMA, Microsoft Theater Los Angeles, Taylor bilang: "beberapa waktu yang paling menakjubkan [...] sekaligus hal tersulit yang pernah saya alami."

Sebab, beberapa waktu lalu ia sempat berselisih dengan, Scooter Braun, petinggi Big Machine Records, label tempat Taylor bernaung. Secara terbuka, Taylor menuduh Braun telah melarangnya menyanyikan lagu-lagu lawas saat tampil di AMA 2019.

Tidak hanya AMA, Billboard bahkan akan memberikan penghargaan "Woman of the Decade Award" kepada Taylor Swift pada 12 Desember mendatang. Swift akan menjadi wanita pertama akan yang menerima penghargaan itu.

Alasan Billboard memberikan penghargaan itu kepada Taylor Swift karena dianggap sebagai salah satu penyanyi paling sukses sepanjang masa selama tahun 2010-an, demikian seperti dilansir Antara dari The Hollywood Reporter, Kamis (21/11/2019).

Sepanjang karier bermusiknya, Taylor Swift telah mendapat banyak pencapaian, yang di mana albumnya pernah menjadi peringkat pertama di Billboard 200 pada dekade ini. Selain itu, lima lagu Swift juga merajai tangga lagu Billboard Hot 100.


Baca juga artikel terkait TAYLOR SWIFT atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Musik)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Agung DH
DarkLight