Karier Louis Tomlinson: dari The X Factor hingga One Direction

Oleh: Alexander Haryanto - 3 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sebelum bersolo karier, Louis Tomlinson memulai kariernya dari The X Factor kemudian bergabung bersama One Direction.
tirto.id - Louis Tomlinson akan menggelar konser pada 20 April 2020 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta. Ia adalah penyanyi asal Inggris yang kariernya menanjak saat bergabung dengan One Direction. Sebagai anggota One Direction, Louis telah menjual lebih dari 100 juta rekaman, kini ia memutuskan bersolo karier.

Selain di Indonesia, tur dunia ini juga akan berlangsung di seluruh negara seperti London, Eropa, Australia, Jepang, Brasil, Argentina, Amerika Serikat dan Kanada. Konser ini bertajuk "Louis Tomlinson World Tour 2020".

“Saya merasa seperti artis baru sekarang. Butuh beberapa saat bagi saya untuk merasa nyaman sendiri, untuk belajar [...] memastikan saya mendapatkan apa yang saya inginkan," kata dia seperti dilansir dari Visionvibe.

Karier musiknya dimulai dari ajang pencarian bakat The X Factor. Dari sana, ia kemudian bertemu dengan rekan-rekannya Niall Horan, Liam Payne, Harry Styles dan Zayn Malik yang juga jebolan X Factor, kelimanya akhirnya bergabung dalam satu bendera bernama One Direction.

Penyatuan mereka ke dalam satu grup, One Direction berbuah kesuksesan besar. Mereka menjadi satu-satunya boyband Inggris pertama yang album perdananya langsung bertengger di puncak Billboard. Sesuatu yang tak diperoleh The Beatles, pendahulu mereka dari tanah air yang sama.

Neil McCormick, kritikus musik dari The Daily Telegraph, menyebut keunggulan grup ini adalah karena kemampuan vokal anggotanya yang merata. Tentu selain tampang kece, dan umur belia. Menurutnya, One Direction benar-benar bisa menyanyi.


Ia yakin kalau kemampuan vokal yang baik adalah magnet tersendiri dari One Direction yang masuk dalam manajemen Simon Cowell, bos X Factor yang terkenal sebagai pencari bakat paling getol itu.

Tapi faktor lebih besar yang membuat One Direction bisa menembus pasar Amerika Serikat (AS), menurut McCormick, adalah kekosongan karakter yang dialami musik negeri adidaya itu. Pop Amerika yang tergila-gila pada maskulinitas, testosteron, dan ke-macho-an artis pop prianya, rupanya punya celah pasar buat cowok-cowok muda flamboyan seperti Justin Bieber, yang berasal dari Kanada.

“Maka, apa yang lebih menarik dari satu bocah kenes? Pastinya, lima bocah kenes lain,” tulis McCormick, menggambarkan ketenaran Bieber dan One Direction di pasar musik AS.

Namun, One Direction memilih untuk cuti. Harry Styles adalah orang pertama yang mengaku akan menerbitkan album solo saat resmi dikontrak Colombia Records, Juni lalu. Lalu Liam Payne yang dikontrak Republic Records, 21 Juli 2016. Ia sempat melempar bocoran materi albumnya di Twitter.

Tapi Niall Horan adalah member pertama yang merilis single solonya berjudul This Town, 23 November lalu. Disusul Louis Tomlinson yang merilis single duet bersama Steve Aoki berjudul "Just Hold On", 10 Desember.


Baca juga artikel terkait KONSER MUSIK atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Musik)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Agung DH
DarkLight