Kapolri Sebut Rotasi Perwira Tinggi di Polri adalah Hal Biasa

Oleh: Adi Briantika - 2 Mei 2019
Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, langkah Polri melakukan mutasi terhadap jajarannya merupakan hal yang biasa terjadi di instansi tersebut.
tirto.id - Rotasi di Korps Bhayangkara kembali dilakukan. Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, mutasi merupakan hal biasa di instansi tersebut.

"Mutasi ini rutin, kali ini dipicu oleh dua orang yang pensiun. Dilakukan pergantian sesuai dengan apa yang saya anggap cakap untuk melakukan itu," kata Tito di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (2/5/2019).

Perwira Tinggi Polri yang dirotasi saat ini yaitu Brigjen Pol Rudolf Alberth Rodja menjabat sebagai Kapolda Papua menggantikan Irjen Pol Pol Martuani Sormin, yang dimutasi menjadi Asops Kapolri.

Rudolf sebelumnya berposisi sebagai Kapolda Papua Barat dan kini ia digantikan oleh Brigjen Pol Herry Rudolf Nahak yang sempat menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri.

Kapolda Jawa Barat saat ini adalah Irjen Pol Rudy Sufahriadi. Ia menggantikan Irjen Pol Agung Budi Maryoto yang kini menjabat sebagai Kabaintelkam Polri.

Irjen Pol Condro Kirono dilantik sebagai Kabaharkam Polri yang sebelumnya merupakan Kapolda Jawa Tengah. Kapolda Jawa tengah saat ini dijabat oleh Irjen Pol Rycko Amelza.

Irjen Pol Achmat Juri yang sebelumnya merupakan Kapolda Nusa Tenggara Barat kini menjabat sebagai Gubernur Akpol. Ia digantikan oleh Brigjen Pol Nana Sujana.

Jabatan Irwasum diserahkan dari Komjen Pol Putut Eko Bayuseno kepada Komjen Pol Moechgiyarto. Putut dimutasi sebagai Pati Polri dalam rangka pensiun.

Jabatan Kabaintelkam diserahkan dari Komjen Pol Unggung Cahyono kepada Irjen Pol Agung Maryoto. Unggung dimutasikan sebagai Pati Polri dalam rangka pensiun.

Mutasi ini terdaftar dalam Telegram Kapolri Nomor ST/1202/IV/KEP/2019 yang ditandatangani AS SDM Kapolri Irjen Pol Eko Indra Heri S bertanggal 26 April 2019.


Baca juga artikel terkait MUTASI POLRI atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight