Pandemi COVID-19

Kapolri & Satgas Minta Jajarannya Awasi Pengelolaan Limbah Medis

Oleh: Riyan Setiawan - 13 November 2020
Kapolri Idham Azis menginstruksikan jajarannya untuk mengawasi pengelolaan limbah medis guna mencegah penularan COVID-19.
tirto.id - Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk mengawasi pengelolaan limbah medis guna mencegah penularan COVID-19. Idham pun minta seluruh jajarannya untuk berkolaborasi dengan pemangku kepentingan.

"Kepada seluruh jajaran kepolisian untuk berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama mendukung penerapan pengelolaan limbah medis serta melakukan pembinaan dan pengawasan secara berkesinambungan sesuai dengan kewenangan masing-masing," kata Idham dalam acara Seruan Nasional Akselerasi Penanganan Limbah Medis yang digelar secara daring, Jumat (13/11/2020).

Idham menuturkan, apabila limbah medis dikelola dengan tepat, cepat dan akurat, maka dapat melindungi masyarakat dari bahaya penyakit dan pencemaran.

"Sehingga terwujud pengelolaan limbah medis sesuai dengan ketentuan serta aman terhadap lingkungan dan manusia," kata dia.

Hal senada diungkapkan Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo. Ia juga menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk melakukan pengawasan terhadap limbah medis guna mencegah penyebaran virus Corona.

Oleh karena itu, dia meminta kepada pengelola limbah medis dapat mengelola sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

"Pengelolaan limbah medis yang cepat, tepat, dan akurat menyelamatkan manusia dan lingkungan dari bahaya pencemaran," jelas dia.



Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Abdul Aziz
DarkLight