Kapolri Listyo Sigit Ajak Pemuda Masjid Jaga Kamtibmas Negara

Oleh: Adi Briantika - 22 Maret 2021
Kapolri sebut basis pemuda masjid sampai tingkat desa harus saling menguatkan serta intoleransi dilawan dengan moderasi keagamaan.
tirto.id - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menerima kunjungan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) di Mabes Polri, Senin (22/3/2021). Pada pertemuan kali ini mereka membahas ihwal peran ormas keagamaan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Sigit menyatakan basis pemuda masjid sampai tingkat desa harus saling menguatkan, serta intoleransi dilawan dengan moderasi keagamaan yang memerlukan tokoh-tokoh agama. "Kami juga siap bekerja sama dengan pemuda masjid untuk membangun bangsa," ucap dia.

"Prinsipnya Polri siap bekerja sama dan mendukung program-program dalam memerangi hal-hal yang menyerang negara," sambung Sigit.

Ia juga meminta tokoh agama menyosialisasikan 3M dalam masa pandemi, memperkuat ketahanan pangan melalui program Kampung Tangguh, dan mengajak para tokoh dan pemuda agama bersatu membangun bangsa setelah adanya polarisasi di Pilpres dan Pilkada.

Sementara itu, BKPRMI mengaku siap bekerja sama dengan Korps Bhayangkara di daerah guna membina ustaz, ustazah serta dai dalam menjaga kamtibmas dan menutup kemungkinan adanya radikalisme masuk ke pemuda masjid.

"Kalau ada bencana maka pemuda masjid ikut mengambil bagian dan pola kerja sama (melalui) pembinaan masyarakat sesuai dengan ciri karakter masing-masing daerah," kata Ketua Penasihat BKPRMI Idrus Marham mengatakan.




Baca juga artikel terkait KAMTIBNAS atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Abdul Aziz
DarkLight