Kapolri Izinkan Penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 Indonesia

Oleh: Adi Briantika - 24 Agustus 2021
Dibaca Normal 1 menit
Kompetisi sepakbola Liga 1 dan Liga 2 Indonesia digelar tanpa penonton mulai 27 Agustus 2021.
tirto.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan izin penyelenggaraan kompetisi sepakbola Liga 1 dan Liga 2 Indonesia. Izin ini dikeluarkan berdasarkan asesmen dan evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dalam penanganan COVID-19.

Sigit mengatakan semua pihak sepakat Liga 1 dan Liga 2 digelar tanpa penonton.

"Tentunya tetap harus melaksanakan protokol kesehatan yang ketat. Oleh karena itu kami sepakat dan ini sudah disetujui oleh PSSI, para pemilik klub, (pihak) Liga 1 dan 2," kata Sigit dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Senin (23/8/2021).

Polri memberikan sejumlah persyaratan dalam pelaksanaan Liga 1 dan Liga 2. Salah satunya yakni seluruh pemain dan tim diwajibkan sudah divaksin secara lengkap atau dua dosis.

Kemudian, satu hari sebelum pertandingan dan setelahnya, seluruh pemain dan tim wajib menjalani tes usap PCR atau antigen.

"Tes usap PCR untuk memastikan bahwa baik pemain maupun official dalam kondisi negatif dari COVID-19," kata Sigit.

Polri juga memasang aplikasi pedulilindungi sebagai protokol kesehatan guna memastikan seluruh orang yang hadir dalam keadaan sehat.

Sigit mengatakan kepolisian bakal mengevaluasi Liga 1 dan Liga 2 usai tiga kali pertandingan.

"Kalau dari hasil evaluasi bahwa tidak terdampak dengan penyelenggaraan tersebut, maka di minggu berikutnya akan ditentukan terkait dengan penambahan lokasi pertandingan ataupun kebijakan-kebijakan lain untuk memberikan kesempatan kegiatan ini akan terus berlanjut," ucap Sigit.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 ini penting untuk mempersiapkan tim nasional (timnas). Indonesia akan menjadi tuan rumah kompetisi sepakbola U20 FIFA World Cup 2023.

Liga 1 musim 2021-2022 dijadwalkan mulai 27 Agustus 2021 sampai Maret 2022. Kompetisi digelar dalam enam seri dengan pertandingan berlangsung di tiga klaster wilayah Jawa. Sementara untuk waktu pelaksanaan Liga 2 belum ditentukan oleh PSSI dan PT LIB.


Baca juga artikel terkait LIGA 1 2021 atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight