"Waktu kita mau membeli sepatu, sebaiknya dilakukan di sore hari. Karena kalau pagi hingga siang hari itu kakinya beraktivitas jadi membesar makanya rasanya sempit. Jadi sebaiknya beli sepatu milihnya di sore hari," kata Langga seperti dilansir dari Antara.

Selain itu, Langga juga mengingatkan agar masyarakat memahami bentuk dan karakteristik kakinya sebelum membeli sepatu. Sebab, sepatu yang tidak pas dengan bentuk kaki ternyata akan mengakibatkan kaki menjadi tidak nyaman saat berjalan bahkan dalam waktu lama bisa mengganggu kesehatan kaki.

"Yang paling pertama adalah kita harus mengetahui bentuk dan karakteristik kaki kita. Karena kaki kita masing-masing berbeda. Ada yang kakinya flat, ada high arch, jadi kita harus mengetahui bentuk kaki kita," ujar Langga.


Kemudian, tentukan kegunaan sepatu saat hendak membelinya. Sepatu yang tidak tepat penggunaannya, ternyata juga akan mempengaruhi kenyamanan. Jika digunakan untuk berolahraga, Langga menyarankan untuk menggunakan sepatu yang spesifik seperti sepatu untuk lari tentu akan berbeda dengan sepatu untuk olahraga basket.

Selain itu, Langga juga membagikan tips untuk membeli sepatu. Menurutnya, saat membeli sepatu, sebaiknya Anda membawa sepatu lama dan kaus kaki. Saat mencoba, gunakanlah kedua sepatu dan pakailah berjalan sebentar. Dengan demikian, mereka pun dapat merasakan sendiri apakah sepatu baru tersebut cukup nyaman digunakan.

"Kedua sepatunya untuk apa, apakah untuk olahraga? Olahraga juga macam-macam. Ada tenis, ada basket, badminton, bola. Jadi berbeda kegunaannya," kata Langga.

"Sewaktu membeli sepatu, bawa sepatu yang lama dan kaus kaki. Kaus kaki yang tipis dan tebal juga berbeda. Kemudian, saat ingin membeli sepatu juga coba pakai keduanya dan berjalan sebentar untuk mengetahui kenyamanannya," tambahnya.

Terakhir, Langga juga mengingatkan agar masyarakat tak hanya terpaku pada model ketika membeli sepatu. Kenyamanan adalah hal utama yang harus diperhatikan saat membeli sepatu. Sebab, sepatu yang tidak pas akan menyebabkan masalah pada kaki.

"Terakhir, jangan kepancing yang namanya model. Nggak bisa dipungkiri ya kita selalu terpancing sama yang eye cathing. Tapi pilihlah yang nyaman. Karena nyaman sudah pasti pas, tapi pas belum tentu nyaman," tutupnya.